Pencarian populer

Piala Dunia 2018: Mengapa Ada Banyak Pemain Muda di Timnas Inggris?

Timnas Inggris usai laga melawan Belanda. (Foto: REUTERS/Michael Kooren)
Gareth Southgate mengambil langkah berani. Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris itu tidak mengikutsertakan beberapa nama veteran seperti Joe Hart, Ryan Bertrand, hingga Chris Smalling dalam skuat Piala Dunia-nya.
ADVERTISEMENT
Malah, ada satu pemain, Trent Alexander-Arnold, yang sama sekali belum pernah mengenakan kostum The Three Lions sebelumnya. Pertanyaannya, mengapa Southgate bisa seberani ini?
Well, menurut Southgate, dirinya memang tak tertarik untuk menjadi pesaing serius di Piala Dunia 2018. Pelatih yang sempat menangani Timnas Inggris U-21 itu lebih tertarik untuk merencanakan masa depan.
Pemain-pemain yang dipilih Southgate ini punya satu karakter utama. Yakni, mereka tidak kerepotan ketika diminta menguasai dan mendistribusikan bola. Dari kiper hingga striker semua punya atribut itu dan ini sangat penting bagi sepak bola Southgate yang menitikberatkan kepada penguasaan bola. Lalu, yang terpenting, pemain-pemain yang Southgate panggil rata-rata berusia muda.
Transfermarkt mencatat, rata-rata usia pemain Timnas Inggris yang diikutsertakan ke Piala Dunia adalah 26 tahun. Dengan kondisi seperti itu, tentulah Southgate bisa mempersiapkan Timnas Inggris untuk menjadi kandidat juara di Piala Eropa 2020 dan Piala Dunia 2022.
ADVERTISEMENT
“Saya pikir, inilah tim yang membuat kita semua bergembira,” ujar Southgate, sebagaimana dilansir Independent. “Di skuat ini, pemain muda berpadu dengan beberapa pemain senior yang hebat. Jadi, saya pikir skuat ini bagus dalam pengalaman, karakter, dan keseimbangan tim.”
Southgate mengaku, keputusan ini diambil setelah melihat perkembangan para pemain dalam beberapa bulan terakhir. Sayangnya, dalam kesempatan kali ini, ada dua pemain yang tak bisa dipanggil Southgate karena mengalami cedera.
“Ketika kami memanggil banyak pemain muda bukan hanya karena mereka muda. Kami memanggil mereka karena memang mereka pantas membela Timnas Inggris,” tegas Southgate.
“Sayangnya, kami tak bisa memanggil Alex Oxlade-Chamberlain dan Joe Gomez. Keduanya mengalami cedera dan bagi kami dan mereka, tentulah ini bukan sesuatu yang diharapkan," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85