Pencarian populer

Piala Dunia 2018: Skuat Inggris yang Membuat Southgate Dilanda Dilema

Starting XI Inggris vs Kosta Rika. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Gareth Southgate tengah bingung. Dari dua uji tanding sebelum Piala Dunia 2018, Inggris asuhannya selalu menang. Pertama, menang 2-1 atas Nigeria pada akhir pekan silam, dan kedua, Jumat (8/6/2018) dini hari WIB , Jordan Henderson dan kolega berhasil mengalahkan Kosta Rika dengan skor 2-0.

Dari dua pertandingan itu, skema yang ingin diterapkan Southgate di Rusia berjalan mulus. Yang membuatnya bingung, para pemain yang diturunkan mampu tampil meyakinkan dan menjalankan tugas masing-masing dengan oke.

Ya, pada dua uji tanding itu, Southgate menampilkan susunan 11 pemain awal yang hampir berbeda. Singkatnya, dia membuat dua tim dan dua tim itu berhasil tampil impresif di atas lapangan. Kini, jelang laga pertama kontra Tunisia pada 19 Juni mendatang, eks manajer Middlesbrough itu pusing menentukan pemain intinya.

"Ini lebih sulit dan kami memiliki beberapa keputusan serius untuk diambil, tetapi dalam cara yang baik. Jika saya berpikir saya tidak memiliki orang untuk bermain di sini atau di sana, itu akan menjadi situasi yang sangat berbeda," buka Southgate dilansir Sky Sports.

"Kami meminta para pemain untuk berkompetisi pada beberapa tempat dan mereka telah melakukan itu. Saya sangat senang dengan pertandingan tadi. Membuat 10 pergantian, tapi tetap bisa mempertahankan kecairan permainan adalah sesuatu yang luar biasa."

"Saya pikir pola umum dan sisi defensif permainan berjalan baik, pergerakan bola juga bagus, kami menciptakan ancaman. Kami punya energi, gol pertama kami adalah tendangan yang indah dan menakjubkan. Jika melihat perjalanan kami selama tiga minggu belakangan, saya tak bisa lebih bahagia dari ini," imbuhnya.

Southgate memang masih punya beberapa posisi yang membuatnya bingung. Seperti pos penjaga gawang. Meski Jordan Pickford diganjar dengan nomor punggung 1, tetapi penampilan Jack Butland yang meyakinkan dengan tak kebobolan di laga kontra Kosta Rika juga membuat Inggris punya opsi lain.

Southgate di laga vs Belanda. (Foto: Reuters/John Sibley)

Satu pos bek tengah pun masih bisa diperebutkan; apakah Gary Cahill dengan pengalamannya yang akan dipilih untuk menemani John Stones dan Kyle Walker, atau Harry Maguire yang tampil meyakinkan di laga kontra Kosta Rika dan konsisten sepanjang musim kemarin.

Manajer asal Watford itu juga bingung untuk menentukan siapa yang akan mengisi pos full-back kanan dan kiri. Di kanan, Trent Alexander-Arnold dan Kieran Trippier sama-sama bermain bagus saat uji tanding, dan konsisten bersama klubnya masing-masing.

Di sisi kiri, Ashley Young dan Danny Rose juga tampil sama baiknya. Keduanya juga punya kelebihan masing-masing:; Young dengan umpan silangnya dan Rose dengan kecepatan serta manuver-manuvernya.

Satu tempat lain yang membingungkan Southgate adalah pada poros tengah timnya. Setelah memastikan hanya akan menggunakan satu 'pivot', pria berusia 47 tahun itu harus memilih antara Eric Dier atau Jordan Henderson yang sama-sama mampu tampil apik.

Terakhir, satu pos gelandang serang diperebutkan oleh dua penggawa Manchester United, Jesse Lingard dan Marcus Rashford. Nama terakhir menyeruak ke permukaan usai mencetak gol cantik di laga kontra Kosta Rika dan membuat publik Inggris berekspektasi tinggi padanya.

Southgate kini hanya memiliki waktu 10 hari untuk menentukan skuat inti dan pemain-pemain terbaiknya yang akan bermain di laga pertama kontra Tunisia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: