Pencarian populer

Piala Liga Inggris: Berjaya atas Arsenal, Spurs Menuju Semifinal

Dele Alli dan Son Heung-min, duo jagoan Spurs. (Foto: Action Images via Reuters/Andrew Couldridge)

Tampil gemilang, Tottenham Hotspur menang 2-0 dalam laga Piala Liga Inggris musim 2018/19 melawan Arsenal yang dihelat di Emirates Stadium, Kamis (20/11/2018) dini hari WIB. Untuk kemenangan ini, Spurs perlu berterima kasih kepada Dele Alli dan Son Heung-min yang sama-sama berhasil menceploskan satu gol.

Dengan hasil ini, The Lilywhites berhak menjejak ke babak semifinal. Bisakah obsesi Harry Kane dan rekan-rekannya untuk menjuarai Piala Liga Inggris musim ini terwujud?

***

Baik Arsenal dan Spurs sama-sama melakukan rotasi pada laga ini. Arsenal tampil dengan formasi 4-2-3-1, dengan kuartet Ainsley Maitland-Niles-Sokratis Papastathopaulos-Granit Xhaka-Nacho Monreal berada di depan Petr Cech yang bertugas sebagai kiper.

Sementara, Matteo Guendouzi dan Lucas Torreira menjadi poros ganda di lini tengah. Alex Iwobi, Aaron Ramsey, dan Henrikh Mkhitaryan bertugas untuk membantu Pierre-Emerick Aubameyang yang dipasang sebagai penyerang tunggal.

Di sisi lain, Spurs juga tampil dengan formasi 4-2-3-1 untuk laga ini. Paulo Gazzaniga dipercaya mengisi pos kiper, dengan Kieran Trippier, Toby Alderwiereld, Ben Davies, Danny Rose bertugas menjaga lini pertahanan. Harry Winks dan Mousa Sissoko bertugas menjaga stabilitas lini tengah.

Trio Christian Eriksen-Dele Alli-Lucas Moura melengkapi Son Heung-min yang menjadi penyerang tunggal pada laga ini. Menariknya, walau tak tampil dengan skuat terbaiknya, laga ini berjalan menarik sejak babak pertama. Kedua tim saling berbalas serangan balik dalam kurun waktu tersebut. Salah satunya membuat Spurs berhasil mencetak gol ketika laga berjalan 20 menit.

Selebrasi gol Son Heung-min. (Foto: Reuters/David Klein)

Prosesnya bermula dari serangan balik Arsenal yang berakhir dengan tembakan Iwobi. Tembakan Iwobi sukses ditangkap Gazzaniga. Kemudian kiper berkebangsaan Argentina itu melempar bola ke tengah lapangan. Dalam upaya mendapatkan bola, Sissoko memenangi duel udara lawan Guendouzi.

Lalu Sissoko melancarkan umpan kepada Alli. Pemain asal Inggris itu melanjutkan umpan tersebut kepada Son. Penyerang berkebangsaan Korea Selatan itu kemudian melakukan aksi dribel menuju kotak penalti sebelum melancarkan tembakan berujung gol.

Arsenal memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan ketika laga berjalan 40 menit. Dari pinggir lapangan Iwobi melepas umpan lambung kepada Ramsey. Dengan kondisi tak terkawal di kotak penalti, gelandang berkebangsaan Wales itu melancarkan tembakan.

Tembakan ini tak sempurna dihalau Gazzaniga dengan tangannya. Namun, dia tak kehabisan akal. Dengan kepalanya, Gazzaniga kemudian menggagalkan upaya Arsenal ini. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk Spurs.

Pemain Arsenal dan Spurs berduel. (Foto: Reuters/Andrew Couldridge)

Kedua tim sama-sama mengganti pemainnya di awal babak kedua. Dari Arsenal, Laurent Kosciely masuk menggantikan Henrikh Mkhitaryan dan Alex Iwobi digantikan Alexandre Lacazette. Sementara dari kubu Spurs, Lucas Moura ditarik dan Harry Kane masuk menggantikannya.

Kane kemudian menjadi figur kunci di balik terciptanya gol kedua Spurs, yang tercipta pada menit ke-58. Prosesnya bermula dari serangan balik cepat Arsenal yang terputus sehingga kiper Gazzaniga bisa melepas umpan kepada Kane yang berada di tengah lapangan.

Penyerang asal Inggris itu kemudian melancarkan umpan lambung yang berhasil dikejar Alli. Dalam situasi satu lawan satu, Alli melepaskan sebuah tendangan melengkung yang membuat Cech tak berdaya.

Setelah gol itu, kedua tim sama-sama tak mengendurkan serangan. Kendati demikian, skor 2-0 bagi Spurs tetap bertahan hingga laga tuntas. Kemenangan ini membuat Spurs melaju ke babak semifinal Piala Liga Inggris, menyusul Chelsea dan Manchester City.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63