Pencarian populer

Piala Liga: Manchester City Libas Burton Albion 9-0

Zinchenko melakukan selebrasi ala pebasket andal usai mencetak gol tembakan jarak jauh ke gawang Burton. (Foto: Action Images via Reuters/Jason Cairnduff )

Hanya keajaiban yang bisa membuat Manchester City gagal menjejak ke final Piala Liga musim ini. Pasalnya, tim berjuluk The Citizens itu sukses meraih kemenangan telak 9-0 atas Burton Albion dalam laga semifinal Piala Liga putaran pertama yang dihelat di Etihad Stadium, Kamis (10/1/2019) dini hari WIB.

Oleksandr Zinchenko, Kevin de Bruyne, Kyle Walker, Riyad Mahrez dan Phil Foden sama-sama mencetak satu gol, sementara Gabriel Jesus menciptakan quat-trick pada laga ini.

City memang tidak tampil dengan skuat terbaiknya pada laga ini. Tapi, ada dua hal yang perlu diingat. Pertama, Burton merupakan tim yang berada di peringkat ke-9 League One – kompetisi kasta ketiga Liga Inggris – musim ini. Kedua, kedalaman skuat City musim ini sangat bagus.

Arijanec Muric ditugaskan menjadi kiper, sementara Eric Garcia ditugaskan menjadi tandem Nicolas Otamendi di bek tengah. Jika Kyle Walker menjadi full-back kanan, maka Oleksandr Zinchenko mengisi pos sebaliknya.

Ilkay Guedogan dipercaya mengemban tugas menjadi gelandang bertahan, sementara Kevin de Bruyne dan David Silva mendapatkan peran gelandang ‘nomor 8’. Sayap kanan dan kiri dihuni Riyad Mahrez dan Leroy Sane. Sementara, Gabriel Jesus menjadi ujung tombak City.

Faktor-faktor ini membuat City berjaya sejak awal laga. Babak berakhir dengan kondisi City mampu melancarkan 14 tembakan. Menandakan bahwa pasukan Pep Guardiola itu tak menyia-nyiakan 67% penguasaan bola.

Para pemain Burton tertunduk usai takluk dari City. (Foto: Action Images via Reuters/Jason Cairnduff )

Gol pertama City tercipta ketika laga berjalan lima menit. Prosesnya bermula dari umpan lambung yang dilancarkan Silva dari tengah lapangan. De Bruyne kemudian sukses mengonversikan umpan ini menjadi gol melalui kepalanya di kotak penalti.

Gol ini merupakan gol sundulan pertama De Bruyne selama berkostum City. 25 menit kemudian, giliran Jesus yang mencetak gol. Prosesnya bermula dari operan satu-dua yang dilancarkan Sane dan Guendogan. Tembakan Sane di kotak penalti mampu diadang bek-bek Burton.

Namun, bola memantul dan Jesus mampu mengonversikannya menjadi gol. Pada menit ke-34, Jesus kembali mencetak gol melalui serangan yang bermula dari Guendogan. Tiga menit kemudian, Zinchencko mencetak gol melalui tembakan jarak jauh usai menerima umpan dari Sane.

Apa Anda kira setelah unggul 4-0 pada babak pertama, City akan menurunkan intensitas serangan mereka pada babak kedua? Oh, tidak. Pada menit ke-57, Jesus mencetak gol usai berbekal umpan matang dari Mahrez. Satu menit setelah gol itu, Phil Foden masuk menggantikan De Bruyne.

Lalu Foden mencetak gol pada menit ke-62 usai menerima umpan matang dari Jesus. Tiga menit kemudian, Jesus kembali mencetak gol setelah menerima kiriman bola dari Sane. Pada menit ke-70, giliran Walker yang mencetak gol untuk City. Karena Mahrez mampu mencetak gol pada menit akhir, maka laga ini berakhir dengan kemenangan telak City 9-0.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Minggu,19/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20