Pencarian populer

Profil Tim Piala Dunia 2018: Kosta Rika

Kosta Rika lolos ke Piala Dunia. (Foto: AFP/Ezequiel Becerra)

Menyoal keikutsertaan, Kosta Rika adalah negara yang tidak cukup rutin mengikuti ajang Piala Dunia. Pertama kali mereka ikut Piala Dunia adalah pada 1990 silam di Italia. Ketika itu, sebagai debutan, mereka meraih prestasi yang apik dengan sukses menembus babak 16 besar.

Setelah itu, Kosta Rika baru bisa lagi menembus putaran final Piala Dunia pada 2002 dan 2006 silam. Di dua ajang tersebut, Kosta Rika tidak lolos fase grup, serta menjadi pesakitan. Barulah pada perhelatan Piala Dunia 2014, Kosta Rika menunjukkan tajinya.

Berbekal nama-nama apik seperti Bryan Ruiz, Keylor Navas, Christian Bolanos, serta Joel Campbell, Kosta Rika dengan permainan defensif dan pertahanannya yang rapi sukses menembus babak delapan besar. Namun, langkah mereka terhenti di babak delapan besar usai dikalahkan oleh Belanda lewat babak adu penalti. 

Di Rusia nanti, sejauh mana mereka akan melangkah?

Profil Pelatih: Oscar Ramirez

Pelatih Kosta Rika, Oscar Ramirez. (Foto: Craig Brough/Reuters)

Mantan pemain kenamaan Kosta Rika, sekaligus pernah membela Kosta Rika dalam ajang Piala Dunia 1990, Oscar Ramirez didapuk sebagai pelatih Kosta Rika pada 2015 silam.

Awalnya, ketika itu, Paulo Wanchope-lah yang diangkat sebagai pelatih. Namun, karena Wanchope terlibat pertengkaran di Panama, dia memutuskan untuk mundur dari kursi kepelatihan Kosta Rika tak lama berselang.

Mengemban tugas sebagai pelatih, Ramirez mampu mengantarkan Kosta Rika maju ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Tapi, selama menangani Kosta Rika sejak 2015, dia belum mempersembahkan satu trofi pun untuk Kosta Rika.

Maka, menjadi tugas tersendiri bagi Ramirez untuk minimal mengulangi raihan Kosta Rika pada 2014 silam.

Per catatan The Guardian, Ramirez bukanlah pelatih yang senang dengan pola defensif. Oleh karena itu, ia menanggalkan formasi 5-4-1 yang digunakan Kosta Rika di Piala Dunia 2014. Sebagai gantinya, ia memasang formasi 3-4-3.

Pemain Bintang

Bryan Ruiz di sesi latihan Kosta Rika. (Foto: Craig Brough/Reuters)

Kosta Rika diprediksi akan mengandalkan nama-nama senior di dalam skuat mereka, semisal Bryan Ruiz (Sporting CP), Keylor Navas (Real Madrid), Celso Borges (Deportivo La Coruna), serta Christian Bolanos (main di Saprissa). Keempatnya merupakan bagian dari skuat Kosta Rika yang tampil empat tahun silam di Brasil.

Namun, jangan lupakan juga nama-nama matang semisal Joel Campbell, Giancarlo Gonzalez, Bryan Oviedo, serta Christian Gamboa. Mereka bisa menjadi tumpuan, apalagi mereka juga sekarang ini main di Eropa.

Pengalaman mereka main di Eropa dapat menjadi bekal tersendiri, sekaligus menjadi kekuatan yang apik jika dipadukan dengan para pemain senior. 

Sekarang, pekerjaan tinggal menjadi milik Ramirez saja. Bagaimana dia bisa memadukan pemain tua dan matang di dalam skuat Kosta Rika ini? Jika dia mampu, minimal, babak delapan besar akan kembali mereka gapai, seperti halnya di Piala Dunia 2014 Brasil silam.

====

*Anda bisa menyimak profil tim peserta Piala Dunia 2018 di topik: Tim Piala Dunia 2018.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36