kumparan
31 Jan 2019 19:28 WIB

PSSI: AFC Sudah Persilakan Persija Daftarkan Beto-Jaime

Pelatih baru Persija Ivan Kolev memimpin sesi latihan jelang Piala Indonesia 2019, Rabu (16/1). (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Persija Jakarta akan memulai kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) dengan bertanding melawan Home United pada 5 Februari 2019. Segala persiapan ditempuh, mulai dari latihan, kesiapan tim, hingga prosedur adminsitratif. Nah, terbaru, Persija memang sempat terbentur dengan masalah administrasi pendaftaran pemain.
ADVERTISEMENT
Empat pemain yang baru didatangkan Persija untuk mengarungi kompetisi musim 2019, yakni Jakhongir Abdumuminov, Bruno Matos, Vinicius Lopes Laurindo, dan Ryuji Utomo dipastikan tak akan mentas. Pasalnya, keempat penggawa tersebut belum memiliki International Transfer Certificate (ITC).
Tidak keluarnya ITC empat pemain Persija lantaran bursa transfer Liga 1 memang belum dibuka. Federasi masih dipusingkan menyusun jadwal kompetisi karena ada agenda Pemilihan Presiden (Pilpres) pada April mendatang. Otomatis sepak mula Liga 1 pun kemungkinan besar dimulai dua pekan setelah Pilpres.
Persija belum kehilangan upaya. Mereka meminta bantuan kepada Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) untuk menyampaikan surat dispensasi kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Yang disayangkan, hasilnya pun nihil. Permohonan dispensasi itu ditolak mentah-mentah oleh AFC.
ADVERTISEMENT
Berangkat dari situ, manajemen Persija mesti putar otak untuk mencari penggantinya. Semula hanya 20 pemain yang didaftarkan ke AFC. Akan tetapi, merujuk keterangan resmi COO Persija, M. Rafil Perdana, Persija dipastikan akan ketambahan dua amunisi baru, Jaimerson Xavier dan Alberto 'Beto' Goncalves. Keduanya baru saja didatangkan dari Madura United dengan status pinjaman hanya untuk turnamen Asia.
Direktur Media PSSI Gatot Widakdo. (Foto: kumparan/Denita Matondang)
Lantas, kok, akhirnya Persija bisa menggunakan jasa Jaime dan Beto? Padahal, pendaftaran pemain untuk kualifikasi LCA sudah ditutup pada 21 Januari lalu. Nah, Direktur Media PSSI, Gatot Widakdo, memiliki penjelasan.
''Setelah pengajuan dispensasi gagal, PSSI kembali bersurat ke AFC dan bertanya: Apakah boleh Persija meminjam pemain dari klub lain yang punya ITC walaupun pendaftaran pemain di LCA sudah tutup pada 21 Januari lalu? Lalu AFC konfirmasi lagi ke PSSI dan (jawabannya) boleh. (Mereka) lalu mempersilakan Persija untuk mendaftarkan kembali pemain selambat-lambatnya sebelum pertandingan pertama,'' ujar Gatot kepada kumparanBOLA, Kamis (31/1/2019).
ADVERTISEMENT
''Karena 'kan bukan murni kesalahan kami juga, kami dapat jadwal belakangan. Tetapi perlu ditekankan juga, para pemain yang dipinjam oleh Persija sudah mengantongi ITC. Dan yang bisa dipastikan adalah empat pemain baru Persija yang tidak bisa mentas di LCA karena 'kan ITC kita (Liga 1) belum buka,'' ucap Gatot.
Menilik regulasi LCA Pasal 24 poin 4, Persija memang masih bisa mendaftarkan Jaime dan Beto. Peraturan itu menyebut, partisipan masih bisa mendaftarkan atau mengganti lima pemain dengan alasan apa pun asalkan jumlah maksimal pemain yang terdaftar tak melebihi 30 pemain, selambat-lambatnya tujuh hari sebelum laga.
Loading Instagram...
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan