Pencarian populer

PSSI Bakal Gelar Piala Indonesia Setiap Tahun

Laga Persib vs Arema di 16 besar Piala Indonesia. Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi/foc

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, mengatakan bahwa Piala Indonesia akan menjadi agenda rutin tahunan. Alasannya, karena kompetisi ini sudah didaftarkan ke AFC dan berpengaruh pada keikutsertaan wakil Indonesia di AFC Cup.

Piala Indonesia sejatinya telah dimulai pada pertengahan 2018 silam dan digelar dalam beberapa termin. Yang termutakhir, PSSI bersiap untuk menggelar babak perempat final. Undian babak itu pun telah dilakukan pada Senin (15/4/2019).

Tisha memahami bahwa jadwal Piala Indonesia ini bakal mengganggu kelangsungan liga. Namun, hal itu tak bisa dihindari. Sesuai isi statutanya, PSSI wajib menjalankan tiga komponen pembinaan yang meliputi pemain, pelatih dan wasit, serta tim nasional dan kompetisi. Piala Indonesia masuk ke dalam komponen kompetisi tersebut.

''Ini sudah menjadi tanggung jawab PSSI karena dengan keadaan seterbatas apa pun tiga kegiatan itu harus dilaksanakan dan secara otomatis Piala Indonesia harus tetap digelar. Sebab kegiatan ini sudah terdaftar di AFC. Dan tentu kegiatan ini akan digulirkan setiap tahunnya,'' kata Tisha ketika ditemui di Hotel Century, Jakarta Pusat, Senin (15/4).

Juara Piala Indonesia 2018/19 nanti akan berlaga AFC Cup edisi 2020. Untuk itu, PSSI harus sudah melaporkan siapa tim yang dimaksud pada Juni mendatang.

"Untuk men-submit wakil Indonesia maka waktu-waktu penyelenggaraan babak 8 besar hingga final sudah harus ada. Kami juga sudah jadwalkan, kok," jelas Tisha.

''Delapan besar ada di periode 23 April hingga 5 Mei untuk leg I dan leg II. Sementara, untuk semifinal digulirkan pada 15 dan 16 Juni untuk leg I serta 22 dan 23 Juni untuk leg II. Untuk babak final akan digelar 30 Juni dan 7 Juli mendatang."

''Jadi, pada 23 Juni 'kan sudah ada dua tim yang pasti sudah ke final. Maka kami daftarkan dua itu,'' lanjutnya.

Sisa Piala Indonesia ini dipastikan bakal bentrok dengan jadwal Liga 1. Namun, masalah ini sudah diantisipasi dengan menjalin komunikasi dengan PT LIB selaku operator liga.

''Secara umum tak ada masalah untuk babak 8 besar, ya, karena kompetisi 'kan belum mulai juga. Lalu kalau semifinal memang ada overlapping tetapi kami rasa tidak ada masalah karena akan kita komunikasikan dengan klub-klubnya," papar Tisha.

''Dan khusus untuk laga final di 30 (Juni) dan 7 (Juli) itu PSSI minta untuk dikhususkan untuk Piala Indonesia saja dan tidak ada jadwal Liga 1 di dua waktu final,'' tutupnya.

Sebelum edisi 2018, Piala Indonesia terakhir kali digelar pada 2012. Ketika itu yang menjadi juara adalah Persibo Bojonegoro. Saat ini, delapan tim yang saat ini masih bertanding di Piala Indonesia adalah Persija Jakarta, Bali United, PSM Makassar, Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya, Madura United, Borneo FC, serta Persib Bandung.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Rabu,22/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22