Pencarian populer

PSSI: Fakhri Husaini Masih Berpotensi Jadi Pelatih Timnas U-19

Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini. (Foto: Dok. PSSI)

Tak terpilihnya Fakhri Husaini masuk ke dalam jajaran pelatih Timnas Indonesia masih menimbulkan perdebatan hingga saat ini. Pasalnya, hanya Fakhri seorang yang merupakan pelatih skuat 'Garuda' sebelumnya yang tak lagi dipilih PSSI.

PSSI memutuskan Indra Sjafri yang awalnya melatih Timnas U-19, naik kelas melatih Timnas U-22, sementara Bima Sakti yang membesut skuat senior di Piala AFF 2018, ditugasi menangani Timnas U-16. Sedangkan, untuk skuat senior, PSSI menunjuk Simon McMenemy.

Dari empat level Timnas Indonesia, tercatat hanya satu level yang belum memiliki pelatih yakni Timnas U-19. Keputusan terkait nama yang akan mengisi skuat tersebut dikabarkan bakal diketahui usai Kongres Tahunan PSSI di Bali pada 20 Januari mendatang.

Bisa dibilang, Fakhri merupakan pelatih timnas tersukses pada dua tahun belakangan. Bersama Timnas U-16, legenda PKT Bontang itu berhasil mempersembahkan trofi Piala AFF U-16. Tak hanya itu, ia juga membawa skuat 'Garuda Asia' meraih trofi pada turnamen invitasi bertajuk Tien Phong Plastic Cup 2017 di Vietnam dan Jenesys Cup 2018 di Jepang.

Fakhri Husaini memberikan instruksi kala Timnas U-16 berlaga melawan Australia. (Foto: Adam Aidil Dok. AFC)

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yoyok Sukawi, menegaskan bahwa Fakhri Husaini sejatinya masih berpeluang untuk menangani Timnas U-19. Ia juga membantah tak masuknya Fakhri ke dalam jajaran pelatih timnas tak lepas dari sikapnya yang kritis.

''Pertimbangan pemilihan pelatih itu melalui banyak tahapan. Pertama melalui rapat di Exco, lalu menilai track record pelatih dan lain-lainnya. Jadi pas rapat pemilihan itu, kami membahas untuk nama-nama pelatih untuk Timnas Senior dulu, lalu berlanjut ke Timnas U-22 yang jatuh pada Indra untuk dinaikkan,'' kata Yoyok saat dihubungi kumparanBOLA, Kamis (27/12/2018).

''Lalu kenapa terpilih Timnas Senior dan Timnas U-22 dulu? karena sifatnya urgent (mendesak) 'kan. Ada agenda terdekat yang mesti dijalani,'' lanjutnya.

Khusus untuk Timnas U-22, mereka akan menjadi tim paling sibuk pada tahun depan dengan tiga turnamen yang harus dihadapi. Timnas U-22 terdekat akan turun di ajang Piala AFF U-22 di Kamboja pada 18 Februari-2 Maret mendatang. Setelah itu, mereka akan turun di kualifikasi Piala Asia U-23 dan SEA Games 2019.

Sedangkan, untuk Timnas U-19 sendiri, baru akan berlaga pada 5 Agustus 2019. Mereka akan turun di Piala AFF U-18.

Presiden Joko Widodo foto bersama Pemain Timnas Indonesia U-16 di Istana Merdeka./kumparan (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)

''Untuk penentuan pelatih Timnas U-19, Exco masih akan menggelar rapat lagi untuk memutuskannya. Namun, kapan waktunya, itu yang belum ditentukan. Satu yang bisa kami pastikan, nama Fakhri belum hilang dari kandidat pelatih Timnas Indonesia (U-19),'' ucap Yoyok.

''Kita semua mengetahui bagaimana track record Fakhri. Bahkan, perlu diketahui, saat memunculkan kandidat pelatih Timnas Senior, Timnas U-22, Timnas U-19 dan Timnas U-16 nama Fakhri ada. Kami di Exco juga ketika mencalonkan kandidat tak hanya satu nama saja, lho,'' ucapnya.

Setelah tak terpilih sebagai pelatih timnas, nama Fakhri Husaini digadang-gadang bakal melatih klub Liga 1 untuk musim depan. Adalah Bhayangkara FC yang dikabarkan telah mempertimbangkan pelatih kelahiran Lhokseumawe itu untuk meneruskan tongkat estafer McMenemy.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: