Pencarian populer

PSSI Ketuk Palu soal Nasib Luis Milla Pekan Depan

Luis Milla memperhatikan sesi latihan. (Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA)

Persoalan siapa pelatih kepala Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 hingga kini masih menjadi tanda tanya. Sejak ditinggal Luis Milla usai tersingkir dari Asian Games 2018 pada Agustus lalu, skuat 'Garuda' belum lagi memiliki nahkoda.

Kendati demikian, PSSI sebelumnya mengklaim bahwa sudah ada kata sepakat dengan Milla. Bahkan, PSSI pun menyatakan bahwa Milla akan tiba di Indonesia pada 9 Oktober lalu untuk membicarakan persoalan kontrak kerja.

Namun, Milla tak kunjung datang ke Tanah Air hingga detik ini. Ia diketahui masih berada di Spanyol. Ada pelbagai kegiatan yang dilakukan pelatih yang sempat berseragam Barcelona dan Real Madrid semasa menjadi pemain di kampung halamannya. Mengambil kursus Lisensi Kepelatihan UEFA adalah salah satunya.

Tak kunjung hadirnya Milla ke Indonesia membuat PSSI memberikan peringatan. PSSI bahkan memberi batas waktu hingga awal pekan depan atau Senin 22 Oktber 2018 agar Milla memberikan jawaban.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengatakan akan mengambil keputusan apakah Milla tetap dipercaya sebagai pelatih kepala atau mengganti dengan nama lain.

"PSSI akan mengambil keputusan penting di awal minggu depan. PSSI memahami bahwa 9 November nanti sudah ada pertandingan pertama Piala AFF dan Indonesia away ke Singapura. Kami paham, waktunya tidak lama lagi," kata Joko saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (19/10/2018).

Pelatih Timnas U-23, Luis Milla, memberikan instruksi kepada pemain saat menghadapi Taiwan. (Foto: Charlie/Antara)

"Kami mempersiapkan semua opsi yang mungkin terhadap situasi kaitannya dengan keberadaan Coach Luis Milla. PSSI ingin menyampaikan resmi tentang statusnya ini awal minggu depan," lanjutnya.

Sejak ditinggal Milla, estafet kepelatihan Timnas Indonesia kemudian diberikan kepada asistennya di Asian Games, Bima Sakti. Persiapan pun tetap dilakukan oleh Timnas Indonesia menuju Piala AFF.

Beberapa persiapan itu dilakukan dengan menggelar tiga laga uji tanding internasional kontra Mauritius, Myanmar serta Hong Kong. Dari tiga pertandingan yang berlangsung, Timnas Indonesia mampu mencatatkan hasil gemilang dengan dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Bima Sakti bersama Luis Milla (Foto: Twitter @bima11sakti)

Lantas, apakah Bima yang akan melatih Timnas Indonesia di Piala AFF? Joko belum mau berspekulasi.

"Kami akan sampaikan pekan depan semua kemungkinan terbuka. Di bawah Coach Bima persiapan tim untuk AFF dilakukan all-out. Coach Bima bahkan dibantu Kurniawan (Dwi Yulianto) dan Kurnia Sandy menjalankan tugas ini dengan tidak main-main. Oleh karenanya, semua opsi PSSI siap dengan target yang tidak berubah," tutupnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57