Pencarian populer

PT LIB: PSSI Sudah Tahu Ada Kompetisi di Tanggal Main Timnas

Pesepak bola Sriwijaya FC Esteban Gabriel Vizcara (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Arema FC Arthur Cunha Da Rocah (kiri) dan Hanif Abdurrauf Sjahbandi (tengah) pada pertandingan Gojek Liga 1 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (21/7). (Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Setelah libur selama dua pekan lamanya, kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia, Go-Jek Liga 1 akhirnya kembali bergulir. Ya, pekan ini Liga akan dimulai dengan pertandingan antara Persipura Jayapura melawan Sriwijaya FC sebagai pembukanya. Laga pekan ke-21 akan dilaksanakan pada Selasa (11/9/2018).

Yang menarik, pertandingan pekan ke-21 ini berbarengan dengan jadwal main Timnas Indonesia. Pada hari yang sama dengan pertandingan Persipura dan Sriwijaya FC, Timnas Indonesia akan menjamu Mauritius di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Jawa Barat dalam rangka uji tanding.

Bentroknya jadwal Timnas Indonesia dan kompetisi sejatinya bukan kali perdana terjadi di Indonesia. Pada Maret lalu, kejadian serupa terjadi manakala skuat 'Garuda' melakukan uji tanding dengan Singapura, sementara Liga 1 memulai kompetisinya pada pekan perdana. Bahkan pada gelaran Piala AFF 2016 lalu, jadwal Liga 1 berbarengan dengan perhelatan turnamen terbesar se-Asia Tenggara itu.

Imbasnya, pelatih Timnas Indonesia saat itu, Alfred Riedl, hanya diperbolehkan memanggil dua pemain dari satu klub. Tentu ini menjadi masalah bagi pelatih yang tak leluasa dalam menyiapkan skuat terbaiknya.

Perihal jadwal yang selalu bentrok, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator sejatinya selalu berkoordinasi dengan PSSI. Jadwal yang dibuat PT LIB juga sudah mendapat persetujuan dari PSSI maupun klub peserta Liga 1.

Pesepak bola Bhayangkara FC Herman Dzumafo (tengah) dan penjaga gawang Bhayangkara FC Wahyu Tri Nugroho (kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSMS Medan Matsunaga pada pertandingan Gojek Liga 1 2018 di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Jumat (3/8) malam. Bhayangkara FC menang dengan skor 3-1. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

"Jadwal liga sudah kami buat jauh hari, sudah kami serahkan ke PSSI awalnya, jadi yang sudah dipertimbangkan dengan jadwal Timnas. Ketika membuat jadwal, saat itu belum ada jadwal dari PSSI bahwa akan ada pertandingan menghadapi Mauritius," ujar Media and Public Relation Manager PT LIB, Hanif Marjuni, ketika dihubungi kumparanBOLA, Senin (10/9).

"Klub juga sudah melakukan banyak persiapan terkait pelasanaan pertandingan serentak untuk pekan ke-21," tambahnya.

Hanif mengatakan pihaknya selalu berkomunikasi dengan PSSI terkait jadwal pertandingan Liga 1. Selain itu, PSSI juga sejatinya tahu bila jadwal yang dibuat oleh PT LIB ada yang berbarengan dengan kalender uji tanding dari FIFA.

"Sebenarnya selalu ada koordinasi bahwa di awal musim setelah melakukan managers meeting, klub sudah tahu jadwal selama satu musim, dan ketika berkumpul klub hanya memastikan clear atau tidak dengan jadwal itu," kata Hanif.

Timnas Indonesia U-23 jelang laga melawan Palestina. (Foto: ANTARA/INASGOC/Charlie)

"Ketika semua sudah clear dan itu sudah kami sampaikan ke PSSI. PSSI juga menjadwalkan pertandingan dengan Mauritius sangat mepet, jadi intinya pada saat pembuatan jadwal bahwa jadwal sudah kami komunikasikan dengan PSSI jauh hari sebelum ada agenda Timnas. PSSI sudah paham bahwa akan ada pertandingan di tiap tanggal-tanggal itu," ucapnya.

Dengan adanya jadwal kompetisi yang bentrok dengan Timnas Indonesia, sejumlah klub Liga 1 pun mengeluh. Bahkan, Arema FC, yang empat pemainnya dipanggil ke Timnas Indonesia, mengajukan pengunduran jadwal menghadapi Persib Bandung pada 13 September mendatang.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: