Pencarian populer

PT LIB Segera Sebar Jadwal Liga 1 2019

Para pemain Persija Jakarta dan Official tim merayakan gelar juara Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, minggu, (09/12/18). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Federasi sepak bola Indonesia alias PSSI sudah ketok palu terkait sepak mula Liga 1 2019. Merujuk ketetapan Kongres Tahunan PSSI pada 20 Januari lalu, kompetisi sepak bola level tertinggi di Indonesia akan terselenggara pada 8 Mei mendatang.

Bicara soal persiapan, Direktur Utama PT Liga Indonesia (PT LIB), Dirk Soplanit, menyatakan bahwa kesiapan sudah hampir mendekati kata rampung, termasuk menyoal regulasi, jadwal, dan sponsor.

''Pertama soal jadwal pertandingan sudah kami selesaikan penyusunannya. Rencananya besok (Jumat, 5/4) akan kami sebar ke klub,'' ujar Dirk ketika dihubungi wartawan, Kamis (4/4).

''Kami juga sebelumnya sudah berkomunikasi dengan PSSI tentang jadwal ini dan erat kaitannya juga dengan tanggal kapan Liga 1 kick-off, lalu jadwal Timnas Indonesia berlaga juga supaya tidak bentrok dengan kompetisi,'' imbuhnya.

Suasana Launching Liga 1 2018. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Meski demikian, Dirk mengatakan tak menutup kemungkinan pula bahwa jadwal yang sudah ditetapkan akan mengalami perubahan. Oleh karenanya, PT LIB dan PSSI nantinya akan mengumpulkan klub Liga 1 untuk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Pada agenda tersebut juga akan dijelaskan lebih rinci terkait konsep Liga 1 musim 2019.

''Semua akan kami paparkan di sana terkait regulasi dan juga siapa yang mensponsori kompetisi. Tetapi terkait kapannya itu mungkin setelah Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dan Pilkada Serentak, ya," ucapnya.

"Karena 'kan kita tidak menutup mata juga bahwa beberapa petinggi klub juga ada yang yang mencalonkan jadi Caleg. Tapi kami akan upayakan secepatnya RUPS digelar dan paling telat itu sebelum kick-off, ya, mestinya,'' jelas Dirk.

Satu yang masih belum sepenuhnya yang dirampungkan oleh PT LIB adalah terkait waktu peluncuran Liga 1 serta partai pembuka Liga 1 2019.

''Kalau peluncuran itu 'kan tidak hanya kami saja, ya, dan bukan kami sendiri yang mengatur karena erat kaitannya dengan berbagai pihak. Beberapa di antaranya BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) untuk verifikasi kompetisi, itu yang pertama.''

Direktur Utama PT LIB, Dirk Soplanit. Foto: Alan Kusuma/kumparan

''Kemudian yang kedua adalah izin dari kepolisian secara keseluruhan dan berarti itu langsung kepada Polri. Karena begini, setiap penyelenggaraan pertandingan PSSI 'kan menetapkan ada Panitia Pelaksana Pertandingan yang salah satu tugasnya meminta izin dari Polda dan Polres untuk menggelar pertandingan dan sebelum pertandingan itu, H-7, sudah wajib lapor. Nah, sembari meminta izin, mereka juga akan melampirkan jadwal yang sudah kami susun untuk pencocokan dengan pihak kepolisian.''

''Lalu yang ketiga terkait masalah partai pembuka jujur saja saya belum mengetahui siapa ketemu siapa karena jadwalnya ada Bidang Kompetisi PT LIB yang menyusun jadwal. Siapa-siapanya, ya, ditunggu saja,'' jelas Dirk

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23