kumparan
22 Mar 2019 2:30 WIB

Rashford Dipulangkan dari Timnas Inggris karena Cedera

Selebrasi Marcus Rashford usai mencetak gol ke gawang Swiss. Foto: REUTERS/Darren Staples
Marcus Rashford menambah panjang daftar pemain Tim Nasional (Timnas) Inggris yang dipulangkan karena cedera. Penyerang belia ini dikembalikan Inggris ke klubnya, Manchester United, karena mengalami cedera pergelangan kaki.
ADVERTISEMENT
Kepulangan Rashford ke United dikonfirmasi langsung oleh pelatih Inggris, Gareth Southgate. Berdasarkan penuturan Southgate, Rashford tidak cukup fit untuk dapat turun di pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 yang akan dihadapi Inggris.
“Ia datang dengan masalah di kakinya. Sayangnya, progress pemulihannya tak cukup cepat untuk membuatnya dapat bermain. Maka dari itu, kami memutuskan untuk mengirimnya pulang ke klubnya,”ujar Southgate dikutip dari situs resmi FA Inggris.
Rashford memang datang ke St George’s Park—markas Timnas Inggris—sembari memikul kendala pada pergelangan kakinya. Pemuda berusia 21 tahun tersebut memang turun di pertandingan terakhir United, melawan Wolverhampton Wanderers di Piala FA tanggal 17 Maret 2019 lalu.
Di laga tersebut, Rashford turun 90 menit penuh dan berhasil mencetak gol. Namun, berdasarkan penjabaran situs resmi United, Rashford memang pada dasarnya telah mengalami nyeri di pergelangan kakinya.
ADVERTISEMENT
Selebrasi dari Marcus Rashford. Foto: Reuters/John Sibley
Seperti yang sudah disebutkan, Rashford bukanlah pemain pertama yang mundur dari skuat Inggris untuk laga kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Republik Ceko (23/3/2019) dan Montenegro (26/3). Rashford menjadi pemain keenam yang dipulangkan Inggris karena cedera.
Sebelumnya, ada John Stones, Fabian Delph, Ruben Loftus-Cheek, dan rekan seklub Rashford, Luke Shaw, yang mesti mundur karena cedera. Setelah itu, tepat satu hari sebelum Rashford dipulangkan, Trent Alexander-Arnold juga harus kembali ke klubnya, Liverpool, karena menderita cedera punggung.
Cederanya Rashford dan Alexander-Arnold menjadi pukulan terbesar bagi Southgate. Pasalnya, Inggris tak dapat mengganti dua pemain ini untuk pertandingan yang akan mereka hadapi, dan kini Southgate hanya memiliki 21 pemain dalam skuatnya.
ADVERTISEMENT
Di satu sisi, kepergian Rashford dari Timnas Inggris bisa menjadi sebuah blessing in disguise bagi dua remaja, Callum Hudson-Odoi dan Jadon Sancho. Tanpa Rashford, dua penyerang sayap yang baru berusia 18 tahun ini memiliki kesempatan untuk turun sebagai starter di laga The Three Lions melawan Republik Ceko atau Montenegro.
Selebrasi Marcus Rashford usai mencetak gol ke gawang Swiss. Foto: REUTERS/Darren Staples
Ada satu hal yang menarik dari kepulangan Rashford. Bocah asli Manchester ini juga menambah panjang daftar pemain United yang dipulangkan dari timnasnya di jeda internasional kali ini. Sebelum Rashford (dan Shaw), ada Anthony Martial dari Timnas Prancis dan Victor Lindeloef dari Timnas Swedia.
Selain itu, dua penggawa United lainnya, Nemanja Matic (Serbia) dan Romelu Lukaku (Belgia) juga dikabarkan cedera dan tak dapat turun di laga timnas masing-masing. Kendati begitu, tak ada kabar apakah Lukaku dan Matic dipulangkan ke klub atau bertahan bersama rekan-rekan senegaranya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan