kumparan
24 Jan 2019 6:50 WIB

Resmi: AC Milan Rekrut Krzysztof Piatek dari Genoa

Krzysztof Piatek dalam sebuah pertandingan untuk Genoa. (Foto: Getty Images/Paolo Bruno)
Domino transfer striker yang melibatkan tim-tim besar Eropa lagi-lagi terlaksana. Kali ini, AC Milan dan Chelsea yang menjadi sorotan.
ADVERTISEMENT
Per Kamis (24/1/2019) dini hari WIB, Gonzalo Higuain melepas status sebagai penggawa Milan. Pasalnya, striker asal Argentina itu resmi direkrut Chelsea dengan status pinjaman sampai akhir musim. Tertera pula dalam klausul kontrak bahwa Chelsea dapat memperpanjang masa peminjaman sampai Juni 2020 atau membeli dengan mahar 36 juta euro.
Kepergian Higuain tak bakal diratapi dalam-dalam oleh suporter Rossoneri. Karena tak lama setelah peresmian Higuain, Milan resmi mendatangkan Krzysztof Piatek dari Genoa dengan mahar 35 juta euro.
Striker kelahiran Polandia itu mendapatkan kontrak panjang dengan durasi lima tahun sampai Juni 2023. Dan gaji sekitar 2 juta euro per musim. Nantinya, Piatek bakal memakai kostum bernomor 19.
Sebuah keputusan logis mengikat Piatek dengan jangka waktu lama. Selain usianya yang baru menyentuh 23 tahun, Piatek memiliki naluri gol yang apik di dalam darahnya serta penempatan posisi yang fantastis.
ADVERTISEMENT
Sebagai striker, Piatek mampu mencetak gol dengan kaki kanan, kaki kiri, maupun kepala. Itu semua didukung dengan pergerakannya yang lincah, agresivitas yang tinggi, serta keberanian dalam berduel, baik dalam situasi bola darat maupun udara.
Sampai laga pekan ke-20 Serie A 2018/19 rampung, Piatek menjadi salah satu striker yang terbilang efisien dalam memanfaatkan kans. Disitat BBC, Piatek telah melepaskan tembakan sebanyak 62 kali dan 23 di antaranya tepat sasaran. Lewat catatan tersebut, ia mampu melesakkan 13 gol. Artinya, ia membutuhkan 4,7 upaya untuk mencetak satu gol.
Oleh karena itu, Milan bisa berharap banyak pada Piatek. Apalagi, lini depan Milan sempat mendapatkan sorotan tajam. Skuat asuhan Gennaro Gattuso itu menjadi klub paling tumpul di antara penghuni lima besar papan klasemen sementara dengan torehan 28 gol.
ADVERTISEMENT
Salah satu faktor penyebab tumpulnya lini depan Milan adalah performa Higuain yang menurun. Selama memperkuat Milan, Higuain tak tajam-tajam amat. Total, 6 gol yang 'El Pipita' cetak dalam 15 laga di Serie A musim ini. Tak heran apabila Milan rela memangkas masa peminjaman Higuain selama enam bulan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan