kumparan
28 Jan 2019 23:36 WIB

Resmi: Atletico Pinjam Morata dari Chelsea

Akhirnya, Alvaro Morata kembali ke Atletico Madrid. (Foto: Dok. Atletico Madrid)
Akhirnya, keinginan Alvaro Morata kembali ke Spanyol terwujud juga. Melalui pernyataan resmi yang dirilis pada Senin (28/1/2019) malam WIB, Atletico Madrid mengumumkan telah merampungkan negosiasi peminjaman striker berkebangsaan Spanyol ini dari Chelsea.
ADVERTISEMENT
Morata sendiri akan melakoni masa peminjaman di Atletico hingga akhir musim 2019/20. Jika Morata tampil impresif, Sky Sports mewartakan bahwa Atletico bisa mempermanenkannya dengan membayar 48,5 juta poundsterling kepada Chelsea.
Hadirnya Morata diharapkan menjadi solusi atas masalah kebergantungan skuat besutan Diego Simeone itu kepada Antoine Griezmann dalam urusan mencetak gol. Musim ini, Griezmann telah menciptakan 14 gol dan 9 assist.
Laju Griezmann jauh lebih unggul daripada striker-striker Atletico lainnya seperti Diego Costa (2 gol dan 2 assist), Angel Correa (2 gol dan 1 assist), hingga Nikola Kalinic (2 gol). Nama yang terakhir dirumorkan akan dilepas demi menjaga keseimbangan biaya gaji yang dikeluarkan Atletico setelah hadirnya Morata.
Alvaro Morata melakukan tes medis di Atletico Madrid. (Foto: Dok. Atletico Madrid)
“Kami telah mendatangkan striker berbakat ke klub kami. Karena Morata memiliki kemampuan bagus dalam urusan mencetak gol melalui kakinya dan juga kepala berkat tinggi tubuhnya yang mencapai 189 sentimeter itu. Selain itu, dia mampu bekerja dalam tim,” tulis Atletico dalam pernyataan resminya.
ADVERTISEMENT
Boleh jadi kepindahan Morata ke Atletico akan mengubah peruntungannya. Striker berusia 26 tahun bermasalah dalam perkara mencetak gol sejak musim lalu, yang merupakan musim debutnya di Chelsea. Untuk musim ini, Morata hanya mencetak 9 gol dari total 24 penampilannya.
Manajer Chelsea, Maurizio Sarri, pernah mengatakan Morata sebenarnya sangat merindukan Spanyol belum lama ini. Faktor kerinduan yang terlampiaskan, ditambah dilatih dengan Diego Simeone yang jago dalam hubungan antarpersonal, berpotensi membuat Morata ganas seperti sedia kala.
Apalagi, Atletico sebenarnya bukan tim yang asing bagi Morata. Memang, Morata merupakan jebolan akademi termahsyur milik Real Madrid, La Fabrica, dan bahkan bisa menembus tim inti. Namun, sebelum berada di La Fabrica, Morata menghabiskan empat tahun di akademi Atletico.
ADVERTISEMENT
“Bagi saya, normal jika orang-orang heran atas kepindahan saya. Tapi, saya tahu apa yang saya lakukan. Saya memulai segalanya di Atletico dan semua orang yang tahu latar belakang saya tahu seberapa besar artinya kepindahan ini untuk saya,” kata Morata, sebagaimana dilansir AS.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan