kumparan
9 Sep 2019 10:34 WIB

Robert Moreno Dedikasikan Kemenangan Spanyol untuk Luis Enrique

Timnas Spanyol mengheningkan cipta untuk menghormati putri Luis Enrique yang wafat pada Agustus 2019. Foto: Reuters/Eloy Alonso
Ketika Spanyol menang besar atas Kepulauan Faroe, itu sebenarnya bukan hal spesial karena jarak kualitas antara kedua negara memang terlampau jauh. Akan tetapi, kemenangan 4-0 yang diraih pada Senin (9/9/2019) punya arti berbeda. Sebab, dalam pertandingan ini unsur Luis Enrique begitu kental.
ADVERTISEMENT
Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020 menghadapi Kep. Faroe ini merupakan pertandingan kandang pertama yang dilakoni Spanyol usai putri Enrique, Xana, meninggal dunia Agustus silam. Pertandingan ini pun digelar di Gijon yang merupakan kota kelahiran Enrique.
Sebelum pertandingan para pemain dari kedua tim mengheningkan cipta terlebih dahulu untuk memberi hormat pada Enrique. Di akhir cerita Spanyol sukses menang telak berkat dwigol yang masing-masing ditorehkan Paco Alcacer dan Rodrigo Moreno.
Rodrigo Moreno (tengah) merayakan gol bersama Thiago Alcantara dan Rodrigo Hernandez. Foto: Reuters/Eloy Alonso
Seusai pertandingan pelatih Timnas Spanyol, Robert Moreno, langsung mendedikasikan kemenangan untuk Enrique.
"Membicarakan hal ini masih membuatku sedih, tetapi ini adalah tim milik Enrique. Ini memang cuma hal kecil tetapi kami ingin mendedikasikan kemenangan untuknya, terutama di sini, di El Molinon," kata Moreno, dilansir Goal.
ADVERTISEMENT
Pada pertandingan itu Spanyol boleh saja mencetak empat gol tetapi proses yang mereka lalui tak mudah. Sebab, di situ para pemain Kep. Faroe menampilkan sepak bola defensif, di mana mereka seringkali bertahan dengan sepuluh pemain. Atas dasar itulah Moreno kemudian memberi pujian pada para pencetak gol.
"Aku sangat puas. Memiliki penyerang seperti Alcacer, yang sangat berbahaya di kotak penalti, sangat memudahkan kami. Rodrigo juga mampu mencetak dua gol lainnya dan aku sangat bahagia karena mereka berdua berhasil menjalankan tugas," ucapnya.
Pelatih Timnas Spanyol, Robert Moreno. Foto: Reuters/Eloy Alonso
Tak cuma itu, Moreno juga memberi penghormatan tersendiri bagi kapten tim Sergio Ramos yang sukses menyamai rekor Iker Casillas sebagai penampil terbanyak bagi Timnas Spanyol. Sejak melakoni debut pada 2005 Ramos sudah memperkuat La Furia Roja dalam 167 kesempatan.
ADVERTISEMENT
"Ada beberapa cara untuk masuk ke tim nasional. Pertama, kalian harus tampil bagus di level klub. Setelah itu, kamu harus memberikan yang terbaik ketika bermain untuk Spanyol," ujar Moreno.
"Ini adalah pekan yang bagus buat kami karena kompetisi internal semakin panas saja. Itu adalah hal bagus untuk tim nasional walaupun dengan demikian aku jadi semakin sulit dalam memilih," tutup pelatih 42 tahun itu.
Dengan kemenangan atas Kep. Faroe tersebut Spanyol kini memuncaki Grup F dengan koleksi 18 poin hasil menyapu bersih enam pertandingan. Oktober mendatang mereka bakal melanjutkan perjalanan dengan menghadapi Norwegia dan Swedia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan