Pencarian populer

Rumor: Gattuso dan Leonardo Segera Tinggalkan Milan

Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso. Foto: MARCO BERTORELLO / AFP

AC Milan tidak menutup musim 2018/19 sesuai harapan. Tak ada tiket Liga Champions karena mereka hanya mengakhiri Serie A di peringkat kelima. Zona krusial itu diamankan oleh Juventus, Napoli, Inter Milan, dan Atalanta.

Berangkat dari hasil mengecewakan ini, CEO Milan, Ivan Gazidis, berniat merombak manajemen. Gennaro Gattuso jelas menjadi orang pertama yang mendapat sorotan. Mengutip laporan Sky Sport Italia, keduanya bahkan sudah menggelar rapat terkait pertimbangan ini.

Persoalan kontrak tentu menimbulkan pertanyaan. Pada Maret 2018, Milan sudah memperpanjang kontrak Gattuso. Mantan gelandang bertahan Timnas Italia ini seharusnya berstatus sebagai pelatih Milan hingga 2021.

Namun, kedua pihak dikabarkan sudah mengambil jalan tengah. Gattuso menyetujui, Milan cuma harus membayar 10% dari sisa kontraknya tersebut. Sementara, 90%-nya tidak akan dipermasalahkan.

Para pemain Milan merayakan gol. Foto: Dok. Media AC Milan

Gattuso tidak menjadi orang satu-satunya yang dikabarkan bakal segera angkat kaki dari Milan. Direktur Olahraga Milan, Leonardo Araujo, pun diliputi kabar serupa. Leonardo disinyalir menerima tawaran dari Federasi Sepak Bola Brasil dan klub lamanya, Paris Saint-Germain (PSG).

Spekulasi soal tawaran PSG itu memang tidak mengherankan. Sejak Juli 2011 hingga Mei 2013, Leonardo berperan sebagai Direktur Olahraga PSG.

Hasilnya pun tak mengecewakan. Ia berhasil mendatangkan Carlo Ancelotti sebagai pelatih dan sejumlah pemain bintang yang sudah dikenalnya dengan baik di Serie A. Mulai dari Javier Pastore, Ezequiel Lavezzi, Zlatan Ibrahimovic, Thiago Motta, hingga Marco Verratti berhasil ia datangkan.

Pada pertengahan 2011/12, dia menggunakan pengaruhnya di Brasil untuk mendaratkan Lucas Moura. Para pemain itulah yang kemudian jadi tulang punggung PSG dalam beberapa tahun berikutnya.

Para petinggi Milan: Leonardo, Gazidis, dan Maldini Foto: MARCO BERTORELLO / AFP

Berhitung mundur, penunjukan Leonardo sebagai Direktur Olahraga Milan pada Juli 2018 merupakan keputusan yang mengikuti pengambilan alih klub oleh Elliott Management. Leonardo dianggap sebagai orang yang tepat untuk mengembalikan kejayaan Milan. Nilai plusnya, Leonardo juga tercatat sebagai mantan penggawa Milan.

Jabatan Direktur Olahraga Milan bukan kali ini saja dipegang oleh Leonardo. Pada awal 2008, ia mengemban jabatan serupa. Namun, periodenya memang tak lama, hanya bertahan sekitar enam bulan. Pada pertengahan musim, ia mesti mengisi posisi pelatih yang ditinggalkan Ancelotti.

Hanya bertahan dua musim, Leonardo memilih untuk menyeberang ke Inter. Dari sini, Leonardo dianggap sebagai musuh bersama suporter garis keras Milan. Itu belum ditambah dengan karakternya yang keras sehingga acap memantik konflik.

Menurut laporan Sky Sports Italia, Milan akan mengumumkan hasil pertemuan soal nasib Gattuso dan Leonardo pada Selasa (28/5/2019), malam waktu Italia. Selain keduanya, masa depan Direktur Pengembangan Strategis Milan, Paolo Maldini, juga akan diumumkan dalam konferensi pers tersebut.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57