Pencarian populer

Rumor: Petr Cech Akan Jadi Direktur Olahraga Chelsea

Petr Cech merayakan kemenangan Arsenal atas Valencia. Foto: Reuters/Andrew Boyers

Petr Cech adalah legenda Chelsea. Jika menilik jumlah trofi, dipadukan dengan seberapa lama dirinya membela Chelsea, maka anggapan ini tidaklah salah.

Cech pertama kali datang ke Chelsea pada 2004 silam. Saat itu, ia direkrut dari Rennes dengan mahar sebesar 7 juta poundsterling. Siapa sangka, mahar murah itu justru jadi pengantar Cech dalam meraih berbagai gelar prestisius dalam karier sepak bolanya.

Total, 15 trofi sukses diraih oleh Cech dalam masa bakti 11 musimnya bersama Chelsea. Trofi itu terbagi dalam beberapa ajang, yakni Premier League (empat), Piala FA (empat), Piala Liga Inggris (tiga), Community Shield (dua), Liga Europa (satu), serta Liga Champions (satu). Tak heran, label legenda Chelsea melekat padanya.

Sayang, kebersamaan Cech dengan Chelsea mesti usai pada 2015/16 silam, Dianggap sudah tua, ia akhirnya dijual ke Arsenal dengan harga sebesar 10 juta poundsterling. Dianggap sudah habis, Cech ternyata mampu menunjukkan taji di Arsenal. Total tiga gelar sukses ia sumbangkan untuk 'Meriam London'.

Sekarang, masa Cech sebagai pemain sudah usai. Di tengah usianya yang sudah memasuki angka 37, ia mengumumkan akan pensiun sebagai pemain. Laga final Liga Europa 2018/19 yang mempertemukan Arsenal lawan Chelsea di Baku, Azerbaijan, akan jadi laga terakhirnya sebagai pesepak bola.

Gawang Petr Cech jadi lumbung gol. Foto: Reuters/Phil Noble

Lalu, ke manakah Cech akan melangkah setelah pensiun? Menyitat dari Sky Sports, Cech dikabarkan akan jadi direktur olahraga Chelsea. Ya, statusnya sebagai legenda Chelsea menjadikannya sebagai rekomendasi untuk mengisi posisi tersebut. Ia dianggap kenal Chelsea luar-dalam.

Apalagi, posisi direktur olahraga Chelsea sendiri sedang kosong usai ditinggal Michael Emenalo pada 2017 silam. Saat ini, peran direktur olahraga diemban oleh Marina Granovskaia. Perempuan tangan besi itu memangku dua jabatan sekaligus selepas Emenalo pergi, dan Cech didatangkan untuk membantu perempuan berdarah Rusia-Kanada tersebut.

Usaha Chelsea mendatangkan Cech ini, dilansir Sky Sports, ternyata jadi bagian sebuah proyek yang sedang dilakukan 'Si Biru'. Chelsea, diam-diam sedang merayu para pemain generasi emasnya macam John Terry dan Frank Lampard, agar mau kembali ke Chelsea dan memegang jabatan manajerial di Stamford Bridge.

Namun, terkhusus untuk Cech, sampai saat ini ia belum memberikan jawaban mengenai isu tersebut. Dalam akun Twitter pribadinya, ia mengungkapkan bahwa fokusnya saat ini bukanlah mengenai masa depannya.

"Terlepas dari berita yang berkembang sekarang, saya kembali ingin mengatakan bahwa saya akan membuat keputusan setelah laga terakhir (lawan Chelsea di Baku). Sekarang, fokus saya hanya tertuju pada bagaimana caranya memenangi trofi Liga Europa bersama Arsenal," ungkap Cech.

Petr Cech tepis dua sepakan penalti Chelsea. Foto: Reuters/Paul Childs

Jika Cech belum menentukan masa depannya, lain hal dengan Lampard dan Terry. Saat ini, keduanya sudah jadi bergerak di bidang kepelatihan. Terry jadi asisten pelatih di Aston Villa, sedangkan Lampard jadi pelatih kepala di Derby County.

Tapi, tetap menarik untuk ditunggu, apakah generasi emas Chelsea akan kembali bergabung dalam jajaran manajerial Chelsea, dengan nama Cech selaku direktur olahraga?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61