kumparan
13 Agu 2018 19:24 WIB

Rumput Stadion Patriot Dikritik, Pengelola Buka Suara

Suasana Stadion Patriot Candrabraga dari tribune media. (Foto: Alan Kusuma/kumparan)
Kemenangan perdana sukses digenggam Timnas Indonesia U-23 atas Taiwan U-23 dengan skor 4-0 di Stadion Patriot Candrabhaga, dalam ajang Asian Games 2018. Akan tetapi, di balik kemenangan itu, nada sumbang terdengar menyoal kualitas rumput dari stadion berkapasitas 30 ribu tempat duduk itu.
ADVERTISEMENT
Ya, pada laga yang berlangsung Minggu (12/8/2018), kualitas rumput Stadion Patriot mendapat sorotan tajam. Pasalnya, pada beberapa bagian, terutama di bagian kotak penalti, tampak rumput tumbuh tak rata.
Tak hanya itu, kondisi lapangan juga terlihat lumayan buruk setelah dinilai terlalu 'empuk'. Pemain Timnas U-23, Febri Hariyadi, bahkan beberapa kali terjatuh atau salah oper bola karena tanah yang terangkat.
Terkait keadaan itu, PT Lestarindo Harapan Jaya (HJL) selaku pihak yang merenovasi serta merawat lapangan Stadion Patriot, angkat suara. Mereka mengakui bahwa dalam masa renovasi lalu, lapangan Stadion Patriot sempat bermasalah.
"Rumput yang di depan gawang itu 'kan kurang lebih satu bulan lalu kami ganti karena rumput lama memang ada kendala. Kami bongkar dan ganti dengan yang baru. Tapi, ada di bagian tertentu di mana penggantian rumput itu terlalu tipis," ujar Project Manager PT HJL, Agus Atok Urohman, kepada kumparanBOLA, Senin (13/8).
ADVERTISEMENT
"Kami cari rumput yang punya ketebalan minimal 5 cm. Tapi, mungkin karena pengakaran belum kuat, terus ada kasus kayak Febri Hariyadi (jatuh), karena speed-nya 'kan bagus, makanya kulitnya (tanah) terkelupas," lanjutnya.
Agus menyatakan pihaknya telah mengantisipasi persoalan tersebut dengan cara membuat media tanam yang tebal. Akan tetapi, perkembangan lapangan itu tak sesuai harapan.
Loading Instagram...
"Kami sudah antisipasi dengan cara media tanamanya yang tebal waktu menanam rumput. Sudah kami takar minimal 5 cm untuk memperberat rumput itu sendiri. Belum lagi di atasnya ditambah dengan pasir. Itu sudah jadi 6 cm, masih ditambah lagi penumbuhan rumput satu bulan. Akar rumput itu juga sudah 2 cm lebih tumbuhnya. Ya, harapan kami seperti itu, tetapi di lapangan ada kendala, rumput yang tebalnya hanya 3 cm tetap ditanam," katanya.
ADVERTISEMENT
Stadion Patriot ditunjuk sebagai tuan rumah Grup A sekaligus markas Timnas U-23. Stadion yang terletak di tengah Kota Bekasi ini sebelumnya telah mengalami tahap renovasi lapangan sejak enam bulan lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·