Pencarian populer

Ryuji Utomo: Kepercayaan Diri Persija Sedang Tinggi

Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo, dalam sesi jumpa pers jelang hadapi Newcastle Jets. Foto: Dok. Media Persija

Awal Desember lalu, Ryuji Utomo 'pulang' ke Indonesia. Setelah membawa PTT Rayong menjadi kampiun di level kedua Liga Thailand, Persija Jakarta kemudian menjadi pelabuhan karier selanjutnya.

Bagi Ryuji, Persija bukanlah klub asing. Pasalnya, mantan bek Timnas Indonesia U-19 ini telah berseragam 'Macan Kemayoran' di Liga 1 2017. Kendati begitu, minimnya jam terbang, enam kali menjadi starter dengan 595 menit bermain, membuat ia mengambil keputusan untuk merantau ke luar negeri.

Di Negeri Gajah Putih, mantan penggawa Mitra Kukar ini menjelma menjadi sosok multifungsi bagi klubnya. Selain apik menjadi bek tengah, Ryuji bertransformasi menjadi gelandang bertahan yang apik. Hasilnya, seperti yang tertuang dalam curriculum vitae-nya, ia berhasil membawa timnya mentas di level tertinggi di Liga Thailand.

Habis cerita di Thailand membikin Ryuji menargetkan Persija berjaya. Pada tahun ini, tercatat Persija akan mentas di beberapa ajang: Piala Indonesia, Piala Presiden, Liga 1, dan Kualifikasi Liga Champhions Asia (LCA).

Pemain baru Persija, Ryuji Utomo (tengah) sudah terlihat bergabung latihan bersama Persija di Lapangan Aldiron, Pancoran, Jakarta, Senin (7/1). Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan

Khusus kualifikasi LCA, pada 5 Februari lalu, Ryuji menjadi salah satu andalan pelatih Ivan Kolev di lini belakang Persija. Duetnya bersama Maman Abdurrahman turut memberikan andil saat Persija menang dengan skor 3-1 atas Home United. Persija pun melenggang ke babak kedua kualifikasi menghadapi wakil Australia, Newcastle Jets.

''Persija adalah klub di mana saya berasal. Tentunya, bersama Persija, sudah seperti berada di rumah sendiri ketika saya bermain. Maka dari itu saya akan berupaya semaksimal mungkin agar bisa memberikan yang terbaik,'' ujar Ryuji dalam sesi jumpa pers sebelum laga.

Persija akan menghadapi Newcastle Jets di Stadion McDonald Jones, Newcastle, New South Wales, Selasa (12/2/2019) pukul 15:00 WIB. Di laga kali ini pun Ryuji bertekad mengulang kesuksesan saat menghadapi Home United.

Bukan tanpa sebab Ryuji berujar demikian karena jika ia dan rekan-rekannya mampu meraih kemenangan atas Newcastle Jets, mereka akan melaju ke fase terakhir kualifikasi LCA. Di babak tersebut, Persija akan melawan klub asal Jepang, Kashima Antlers.

Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev bersama bek Ryuji Utomo, dalam sesi jumpa pers jelang hadapi Newcastle Jets. Foto: Dok. Media Persija

''Besok akan menjadi laga yang baik bagi kami karena Newcastle Jets adalah tim yang bagus. Dengan demikian, kami bertekad pula untuk memberikan perlawanan yang maksimal besok,'' kata Ryuji.

''Kami juga dalam kepercayaan diri tinggi mengingat kondisi dan situasi tim juga tengah bagus-bagusnya. Jadi, seperti yang saya bilang, kami akan memberikan yang terbaik untuk mereka yang juga datang menyaksikan kami besok,'' tutupnya.

Mereka yang dimaksudkan oleh Ryuji adalah suporter Persija yakni The Jakmania yang berencana menyaksikan langsung laga kedua kesebelasan. Merujuk informasi yang dihimpun kumparanBOLA, tercatat sebanyak 50 lembar tiket sudah terjual untuk suporter tim tamu. Sementara dari Jakarta, sekira 10 Jakmania juga berencana bertolak ke Australia menyaksikan Ryuji dan kolega bertanding.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: