kumparan
25 Agu 2019 1:26 WIB

Salah Cetak Dua Gol, Liverpool Tundukkan Arsenal

Mohamed Salah mencetak dua gol ketika Liverpool mengalahkan Arsenal di pertandingan pekan ketiga Premier League. Foto: Reuters/Carl Recine
Liverpool berhasil mengalahkan Arsenal pada pertandingan pekan ketiga Premier League, Sabtu (24/8/2019) malam WIB. Bermain di Anfield, Liverpool menang dengan skor 3-1.
ADVERTISEMENT
Gol-gol Liverpool dicetak oleh Joel Matip (41') dan Mohamed Salah (49' & 58'). Sementara, gol Arsenal diciptakan oleh Lucas Torreira (85').
***
Liverpool hanya kehilangan Alisson Becker untuk pertandingan penting ini. Selain kiper asal Brasil itu, Juergen Klopp mampu menurunkan pemain-pemain terbaiknya seperti Roberto Firmino, Mohamed Salah, Sadio Mane, Virgil van Dijk, dan Trent Alexander-Arnold.
Dari kubu Arsenal, Nicolas Pepe menjalani laga perdananya sebagai starter di Premier League. Pepe berduet dengan penyerang kencang lainnya, Pierre-Emerick Aubameyang. Dua penyerang ini disokong oleh Dani Ceballos, Granit Xhaka, Joe Willock, dan Matteo Guendouzi.
Bermain di hadapan pendukung sendiri, Liverpool benar-benar menguasai jalannya pertandingan. Mereka menguasai bola dengan nyaman, bahkan di area kekuasaan Arsenal.
ADVERTISEMENT
Namun, tampaknya hal tersebut adalah sesuatu yang diinginkan oleh pelatih Arsenal, Unai Emery. Pasalnya, ketika serangan Liverpool mentok dan bola berhasil dikuasai Arsenal, salah satu pemain ‘Meriam London’ langsung melepaskan umpan jauh ke dua penyerang cepat mereka.
Lewat skema ini, Arsenal mendapatkan peluang pertama di menit ke-13. Umpan panjang Arsenal tak diantisipasi dengan baik oleh kiper Liverpool, Adrian San Miguel. Sapuan Adrian jatuh ke kaki Aubameyang. Namun, penyerang asal Gabon itu gagal memanfaatkan peluang yang ia dapatkan dengan baik.
Pepe juga nyaris mencetak gol via skema yang sama. Rekrutan termahal sepanjang sejarah Arsenal itu memanfaatkan sapuan dari belakang setelah tendangan penjuru Alexander-Arnold gagal di menit ke-36. Sayang, penyelesaian akhir Pepe masih terlalu lemah dan dapat diselamatkan Adrian.
ADVERTISEMENT
Tentu saja, Liverpool tak tanpa peluang. Di menit ke-20, sapuan ceroboh Dani Ceballos jatuh ke kaki Mane. Namun, tendangan penyerang asal Senegal itu masih bisa diselamatkan Bernd Leno.
Kurungan Liverpool akhirnya berbuah hasil. Di menit ke-41, tendangan penjuru Alexander-Arnold berhasil disambut oleh Joel Matip. Sundulan bek asal Kamerun itu tak mampu dibendung oleh Leno, dan masuk mulus ke gawang Arsenal. Gol Matip ini menjadi aksi terakhir di babak pertama.
Strategi yang diterapkan oleh Emery di babak pertama sebenarnya cukup ampuh. Namun, dua penyerangnya mesti lebih tajam lagi.
Masalah ketajaman juga harus diperhatikan Liverpool. Mereka mencatatkan persentase penguasaan bola mencapai 64% dan total 15 tembakan, tetapi ‘hanya’ mampu menciptakan satu gol. Gol kedua tentu dibutuhkan untuk menciptakan rasa aman.
ADVERTISEMENT
Untung bagi Liverpool, gol kedua itu datang tak lama setelah babak kedua dimulai. Tiga menit babak kedua berlangsung, David Luiz dengan konyolnya menarik baju Salah di kotak penalti. Wasit Anthony Taylor menunjuk titik putih, dan Salah yang maju sebagai eksekutor sukses menunaikan tugasnya.
Selebrasi Mohamed Salah setelah mencetak gol ke gawang Arsenal. Foto: Reuters/Carl Recine
Gol Salah ini benar-benar meremukkan Arsenal. Setelah itu, Liverpool semakin nyaman menguasai bola. Selang sembilan menit, Salah kembali mencetak gol.
Berawal dari umpan terobosan Fabinho, Salah sukses mengelabui Luiz—yang tampil begitu buruk—dan menceploskan bola dengan mudah ke gawang Leno.
Setelah gol Salah ini, Liverpool masih menguasai pertandingan, tetapi temponya sedikit berkurang. Di sisi lain, Arsenal masih berupaya untuk mencari gol hiburan lewat dimasukannya Alexandre Lacazette.
ADVERTISEMENT
Gol tersebut akhirnya datang lima menit jelang waktu normal berakhir. Lucas Torreira, yang juga masuk dari bangku cadangan, berhasil menyambut cutback yang dikirimkan Aubameyang.
Namun, tentu saja, gol tersebut tak mengubah hasil pertandingan. Liverpool sukses dan layak untuk menang dengan skor 3-1.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan