Pencarian populer

Setelah 825 Hari, Eder Kembali Cetak Gol untuk Portugal

Ederzito Lopes (tengah) merayakan gol ke gawang Timnas Skotlandia. (Foto: Action Images via Reuters/Lee Smith)

Laga persahabatan berakhir kemenangan Timnas Portugal 3-1 atas Timnas Skotlandia di Hampden Park, Minggu (14/10/2018), memberikan kebahagiaan tak terperikan bagi Ederzito Lopes. Karena untuk pertama kalinya setelah final Piala Eropa 2016, nama Eder kembali masuk dalam papan skor untuk kubu Portugal.

Eder adalah satu-satunya pemain yang mencetak gol dalam pertandingan final Piala Eropa 2016 melawan Timnas Prancis. Masuk menggantikan Renato Sanches ketika laga berjalan 79 menit, pemain kelahiran Bissau ini berhasil ciptakan gol tembakan jarak jauh di masa perpanjangan waktu.

Namun, setelah menjadi tokoh protagonis milik Seleccao di final Piala Eropa 2016, nama Eder justru terlupakan. Bahkan, dari Oktober 2017 hingga September silam, tidak ada nama penyerang yang kini memperkuat Lokomotiv Moscow ini di skuat Portugal.

Untungnya bagi Eder, pelatih Fernando Santos memanggilnya kembali pada jeda internasional edisi Oktober ini. Kesempatan ini tak disia-siakan Eder. Setelah menjadi cadangan ketika Portugal menang 3-2 atas Timnas Polandia dalam laga UEFA Nations League, Jumat (12/11), Eder tampil impresif untuk Portugal dalam laga melawan Skotlandia.

Tampil sejak menit awal, Eder sukses ciptakan gol pada menit ke-74. Prosesnya bermula dari umpan Sanches dalam skema tendangan bebas dan berakhir dengan sundulan kencang Eder yang sukses membobol gawang Craig Gordon. Setelah gol itu tecipta, Eder berlari sambil mengisap jempolnya sebelum pada akhirnya melepas tinju di udara.

Setelah selebrasi itu, seluruh pemain Portugal memberikan pelukan hangat untuk Eder. Dari wajahnya, terlihat jelas jika rekan-rekan Eder sangat gembira dengan kembali masuknya nama Eder dalam papan skor untuk Portugal.

Seperti Eder, laga melawan Skotlandia juga merupakan laga yang membahagiakan bagi Helder Costa. Di ujung babak pertama, Portugal melancarkan serangan cepat yang berakhir dengan Kevin Rodrigues melancarkan assist untuk penyerang Wolverhampton Wanderers itu.

Hal yang sama juga berlaku dengan Bruma, yang sukses mencetak gol untuk Portugal pada akhir babak kedua. Satu-satunya gol dari Skotlandia tercipta pada menit akhir melalui mantan penyerang Everton, Steven Naismith.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23