Pencarian populer

Setelah Digne, Everton Dikabarkan Ingin Boyong Mina dari Barcelona

Yerry Mina di Camp Nou (Foto: REUTERS/Albert Gea)

Everton menyambut keinginan Yerry Mina untuk melanjutkan mimpinya di sepak bola. Football Espana melaporkan bahwa The Toffees telah menemukan kesepakatan untuk mendapatkan jasa Mina yang kesulitan mendapat tempat reguler di Barcelona.

Masa depan Mina di Camp Nou kian jadi tanda tanya besar lantara Blaugrana telah mendatangkan Clement Lenglet dari Sevilla dengan mahar sebesar 35,9 juta euro. Hadirnya bek berusia 23 tahun itu membuat posisi Mina di lini belakang kian terancam.

Beberapa media Spanyol lain seperti Cadena Cope mengabarkan bahwa Mina bisa merampungkan proses transfernya ke Goodison Park pada pekan-pekan ini. Kabar ini disusul oleh laporan Marca yang menyebut Mina tidak bergabung dengan latihan tim utama.

Pihak klub juga dikabarkan tidak memberikan kejelasan terkait absennya pemain berusia 24 tahun tersebut, tidak ada isu cedera dan lainnya. Sehingga, rumor transfernya ke Everton kian berembus kencang, terlebih skuat besutan Marco Silva ini telah mengalihkan fokus dari Marcos Rojo sebagai target sebelumnya.

Per 13 Januari 2018 lalu, Mina datang ke Barcelona dari klub Serie A Brasil, Palmeiras, dengan mahar 11,8 juta euro. Diwartakan Goal International, Barcelona telah setuju menurunkan kalusul pelepasan harga Mina menjadi 32 juta euro dari asalnya 35 juta.

Alih-alih menjadi pemain bintang dan harapan baru di lini belakang, Mina malah tersisih. Ia hanya bermain selama 377 menit (lima laga) untuk Barcelona di sepanjang La Liga musim 2017/2018. Meski begitu, penampilannya cukup impresif. Per catatan WhoScored, ia rata-rata melepas 2 tekel, 1,2 intersep, 3,2 sapuan, dan 2,2 kali menang duel udara per pertandingan.

Lantas, Piala Dunia 2018 menjadi ajang yang menyelamatkan karier Mina. Walau minim jam terbang bersama Barcelona, pelatih Timnas Kolombia, Jose Pekerman, tetap memanggilnya. Di kompetisi itu, Mina tampil sebagai salah satu pemain kunci. Walau tak bermain melawan Jepang di pertandingan pertama, Mina berhasil mencetak tiga gol di pesta sepak bola empat tahunan itu.

Yerry Mina rayakan gol di laga vs Inggris. (Foto: REUTERS/Maxim Shemetov)

Kontribusinya di lini pertahanan pun ciamik. Per pertadingannya, rata-rata Mina melepaskan 1,3 tekel sukses, 1 intersep berhasil, 7 sapuan, dan 4,7 kali menang duel udara. Meski Kolombia hanya sampai di babak 16 besar, penampilan di Piala Dunia 2018 memberikan harapan baru buat Mina.

Jika Everton berhasil mendatangkan Mina, maka ia akan bereuni dengan mantan rekannya di Barcelona, Lucas Digne, yang sudah lebih dulu datang dengan biaya sekitar 18 juta poundsterling. Serupa Mina, Digne juga kesulitan untuk mendapatkan kesempatan bermain secara reguler.

Kehadiran Mina bisa menjadi angin segar buat lini pertahanan Everton yang sangat rapuh musim 2017/18. Di Premier League, mereka mampu memasukkan 44 dan kebobolan sebanyak 58 gol. Selain itu, sosok Mina pun bisa menjadi regenerasi yang bagus buat Everton karena masih bergantung pada Phil Jagielka yang kini sudah berusia 35 tahun.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53