kumparan
16 Agu 2019 7:39 WIB

Siasat RD Atasi Absensi Trio Tira-Persikabo yang Dipanggil Timnas

Osas Saha (depan) merayakan gol untuk PS TIRA-Persikabo bersama Manahati Lestusen. Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Sebanyak tiga pemain Tira-Persikabo menerima panggilan Timnas Indonesia guna melakoni pemusatan latihan jelang Pra-Piala Dunia 2022 yang akan dimulai sejak 21 Agustus 2019. Mereka adalah Angga Saputra, Manahati Lestusen, dan Osas Saha.
ADVERTISEMENT
Cukup penting peran ketiga nama itu di klub beralias 'Laskar Padjadjaran'. Tak heran jika pelatih Rahmad Darmawan merasa gusar.
Apalagi masa pemanggilan bakal bentrok dengan beberapa jadwal pertandingan Tira-Persikabo di Liga 1 2019. Dua di antaranya adalah menghadapi Persela Lamongan (25/8) dan Borneo FC (1/9).
Meski begitu, RD --sapaan Rahmad-- berusaha maklum. Baginya, ini sudah menjadi risiko karena ketiga pemain bersangkutan selalu menunjukkan performa apik.
Alih-alih melobi PSSI, RD memilih untuk memikirkan sejumlah skenario untuk mengatasi ketidakhadiran mereka. Salah satunya adalah dengan menyiapkan para pemain yang sebelumnya tak begitu sering tampil.
Rahmad ketika melatih PS Tira-Persikabo. Foto: Dok. PT LIB
"Mungkin di awal kami akan kehilangan tiga pemain. Selanjutnya mungkin ada beberapa juga di Timnas U-23," kata RD pada sesi jumpa pers usai laga melawan Bali United, Kamis (15/8).
ADVERTISEMENT
"Saya harus menyiapkan juga pemain lain. Contoh hari ini: Roni Sugeng yang dalam dua pertandingan terakhir kita mainkan. Mudah-mudahan bisa terus berkembang. Tapi tidak hanya Roni, semua pemain harus siap," ucapnya.
Di luar itu, RD juga berencana untuk menambah pemain pada bursa transfer tengah musim. Skenario ini merupakan siasat jika ketiga pemain tadi atau bahkan pemain lain kembali mendapat panggilan Timnas Indonesia pada putaran kedua nanti.
Kendati demikian, RD tak bisa memastikan detail target di pasar transfer. Pasalnya, mencari pemain yang berkualitas dan sesuai kebutuhan tim pada tengah musim bukanlah perkara gampang.
"Kalau ada kesempatan, kami ingin untuk menambah pemain. Masalahnya, ada enggak klub yang mau melepas pemain berkualitas. Itu 'kan problemnya," tutur RD.
ADVERTISEMENT
"Kami akan memikirkan dan membicarakan dengan manajemen. Itu penting sebetulnya. Tapi kami harus lihat, jangan sia-sia juga penambahan pemainnya. Kami lihat nanti seperti apa," kata mantan pelatih Sriwijaya FC itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan