Pencarian populer

Solskjaer Petik Hikmah di Balik Kegagalan United Capai Empat Besar

Solskjaer selepas laga Everton vs United. Foto: REUTERS/Andrew Yates

Tidak ada Liga Champions untuk Manchester United musim depan. Sebab, The Red Devils ditahan imbang 1-1 Huddersfield Town di John Smith's Stadium, Minggu (5/5/2019) malam WIB. Menjadi ironis, ketika mengingat Huddersfield merupakan tim terburuk Premier League musim ini dan telah menderita delapan kekalahan beruntun di liga.

Dengan hasil ini, United kini berada di posisi ke-6 papan peringkat Premier League dengan 66 poin. Dengan hanya tersisa satu laga liga lagi di musim ini, mustahil bagi United kejar Tottenham Hotspur -- yang duduk nyaman di posisi keempat dengan 70 poin. Atau Chelsea, tim peringkat ketiga dengan keunggulan satu poin atas Spurs.

Kegagalan United finis di posisi empat besar (sehingga harus tampil di Liga Europa) tentu saja membuat Ole Gunnar Solskjaer kecewa. Walau begitu, manajer United sejak Desember 2018 itu tak ingin larut dengan sudut pandang negatif. Solskjaer mencoba melihat dari sudut pandang berbeda, dan temukan hikmah di baliknya.

"Sebenarnya kami punya sejumlah kans untuk amankan posisi ketiga dan keempat, tetapi pada akhirnya kami gagal menjaganya. Liga Europa nampaknya memang kompetisi yang pantas untuk kami. Seluruh bagian dari tim ini kecewa karena gagal mentas di Liga Champions," ucap Solskjaer, sebagaimana dilansir Goal International.

"Akan tetapi, Liga Europa bisa berdampak positif bagi kami. Selayaknya yang menimpa Chelsea dan Arsenal musim ini, dan kepada kami ketika memenanginya beberapa tahun lalu. Kami harus bisa tetap positif, apa pun yang terjadi," lanjut eks pelatih FK Molde itu.

Pertandingan Premier League antara Manchester United dan Huddersfield Town Foto: Reuters/Jason Cairnduff

Liga Europa bukanlah kompetisi yang asing bagi United. Bahkan, United bisa menjadi kampiun kompetisi level dua di Eropa itu pada musim 2016/17. Di musim berikutnya, mereka mengakhiri musim dengan status runner-up Premier League. Bukannya tak mungkin skenario serupa terulang untuk United di masa mendatang.

Terkait dengan hasil imbang dengan Huddersfield, Solskjaer ogah mencari kambing hitam. Meski begitu, Solskjaer mengatakan bahwa bakal ada pemain yang bakal didepak dari Old Trafford pada musim panas nanti. Sektor pertahanan United, yang tak pernah nirbobol sejak imbang 0-0 dengan Liverpool pada Februari silam, menjadi sorotan utama.

"Kami tak tampil sesuai dengan level kami dan berikan mereka peluang. Kami kebobolan banyak gol dari area pertahanan kami sendiri, dan itulah yang akan kami benahi pada musim depan," ucap si Babyfaced Assassin itu.

"Ikhtiar dan sikap para pemain tidak bermasalah. Saya paham, mereka telah mencoba. Akan tetapi, kami yang sekarang memang tak cukup baik. Kami harusnya bisa tampil baik, tetapi kemudian Huddersfield bisa dengan leluasa menciptakan kans. Kami punya masa baik dan buruk, dan pada akhirnya kami perlu membayarnya," tutup Solskjaer.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57