Pencarian populer

Southgate: Kami Telah Mengetahui Kekuatan dan Kelemahan Kroasia

Gareth Southgate dan para pemain Timnas Inggris usai dikalahkan Spanyol pada laga Grup A UEFA Nations League. (Foto: REUTERS/Toby Melville)

Gareth Southgate optimistis Tim Nasional Inggris bisa meraih hasil positif saat menghadapi Kroasia di pertandingan UEFA Nations League Grup 4, Minggu (18/11/2018) malam WIB, di Stadion Wembley. Keyakinan ini muncul karena Southgate menilai skuat The Three Lions telah mengalami perkembangan pesat.

Inggris sendiri punya memori kelam saat bersua Kroasia karena disingkirkan di babak semifinal Piala Dunia 2018. Namun, Southgate menegaskan bahwa timnya memetik banyak pelajaran dari kekalahan tersebut. Sebagai buktinya, Inggris tampil cukup apik di lima pertandingan setelah ajang Piala Dunia yang terhelat di Rusia itu.

Harry Kane dan kolega tercatat meraih tiga kemenangan, satu kali imbang, dan sekali kalah. Salah satunya adalah saat menahan imbang Kroasia 0-0 pada pertemuan pertama UEFA Nations League bulan lalu di Stadion Rijeka.

"Kami sudah bertanding dengan mereka dua kali dalam beberapa bulan terakhir, maka kami telah mengetahui gaya permainan dan keunggulan mereka di beberapa area yang kerap dijadikan awal untuk build-up serangan. Kami tahu ada area mereka yang bisa kami manfaatkan nanti," kata Southgate dilansir Sky Sports.

"Kami belajar dari setiap pengalaman yang kami miliki. Skuat kami saat ini lebih dalam dengan kehadiran para pemain muda yang bersaing mendapat tempat di tim utama. Kami ingin terus berkembang dan saya pikir para pemain telah menunjukkan mentalitas untuk melakukannya," ujarnya menambahkan.

Laga debut Jadon Sancho bersama Timnas Inggris. (Foto: Action Images via Reuters/Carl Recine)

Keputusan Southgate yang memadukan pemain muda dan senior dalam beberapa laga teraktual Inggris memang terbukti cukup ampuh. Munculnya pendar para pemuda macam Jadon Sancho dan Trent Alexander-Arnold di laga melawan Amerika Serikat Jumat (16/11) dini hari WIB lalu bisa dijadikan acuan.

"Kami memiliki sedikit perubahan sistem yang membuat kami lebih fleksibel dalam bermain. Kami selalu berkembang dan saya pikir kami belum puas dengan penampilan kami dalam lima pertandingan setelah Piala Dunia 2018."

Pertandingan antara Timnas Spanyol melawan Kroasia di UEFA Nations League. (Foto: REUTERS/Marko Djurica)

Kendati bermain di depan publik sendiri plus ketiadaan Ivan Rakitic yang cedera di kubu Kroasia, Southgate tak mau meragukan kualitas, mental, dan stamina para penggawa Vatreni. Apalagi, skuat besutan Zlatko Dalic itu baru saja meraih kemenangan 3-2 atas Spanyol pada Jumat (16/11) dini hari WIB.

"Rakitic adalah pemain hebat dengan banyak pengalaman, mereka juga punya banyak pemain bagus untuk menggantikannya. Kami harus bermain apik, baik itu ketika tidak menguasai bola serta terus memberi tekanan."

"Saya pikir faktor (kebugaran) di mana mereka baru menghadapi Spanyol tidak akan memengaruhi. Di Piala Dunia 2018 Kroasia bermain dua pertandingan sampai babak tambahan waktu dan banyak orang bilang mereka bakal kelelahan. Mereka punya semangat dan ketahanan fisik luar biasa, jadi kami juga harus bermain di level tertinggi," pungkas Southgate.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23