Pencarian populer

Suporternya Rusuh, Argentina Dapat Sanksi dari FIFA

Suporter Argentina di laga vs Kroasia. (Foto: REUTERS/Ivan Alvarado)

Argentina belum bisa lepas dari nasib buruk. Sudah terpuruk di dasar klasemen Grup E Piala Dunia 2018, mereka juga mendapat sanksi dari FIFA.

Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) baru saja didenda sebesar 105.000 dolar AS atau sekitar Rp 1,491 miliar. Bukan, tentu saja denda ini bukan karena penampilan buruk mereka di Rusia, melainkan karena ulah suporternya.

Denda itu diberikan FIFA karena para suporter Argentina menyanyikan chant berbau homofobia dan hinaan saat mendukung negara mereka berlaga menghadapi Kroasia di Nizhny Novgorod Stadium, Jumat (22/6/2018) silam.

Bahkan tak hanya itu, para suporter Argentina di laga itu juga tertangkap FIFA melakukan pemukulan serta pelemparan berbagai benda kepada suporter Kroasia. Karena itu denda yang diterima AFA terhitung cukup besar.

Kesedihan pemain Argentina. (Foto: REUTERS / Matthew Childs)

Pada laga itu sendiri, Argentina hancur lebur. La Albiceleste diluluhlantakkan Kroasia dengan skor telak 0-3. Lionel Messi dan kolega tampil buruk sepanjang pertandingan, dan hal itu yang ditengarai membuat suporter mereka kesal dan berlaku buruk.

Kekalahan itu juga membuat Argentina di ujung tanduk. Andai tak mampu menang atas Nigeria pada laga pamungkas fase grup, Rabu (27/6) dini hari WIB mendatang, pasukan Jorge Sampaoli bakal angkat koper lebih cepat dari Rusia.

Di satu sisi, denda ini bukanlah yang pertama diberikan oleh FIFA. Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Denmark (DBU) dan Polandia (PZPN) juga terkena hukuman serupa. Dan penyebabnya juga sama, karena kelakuan suporter mereka.

DBU harus membayar 20 ribu dolar AS (sekitar 281,7 juta rupiah) karena membentangkan spanduk bernada seksisme di laga menghadapi Australia, Kamis (21/6) lalu. Sementara PZPN didenda 10 ribu dollar AS (sekitar 140,8 juta rupiah) karena membentangkan spanduk berbau ofensif di laga versus Kolombia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23