kumparan
17 Apr 2019 22:06 WIB

Tak Usah Kaget, De Gea Cukup Sering Bikin Blunder Musim Ini

De Gea: Lagi-lagi bikin blunder. Foto: Jose Lago/AFP
Awalnya, Manchester United memulai pertandingan dengan baik. Namun, akibat kesalahan individual pemain sendiri, mereka kebobolan dua gol. Salah satu kesalahan itu dilakukan oleh kiper andalan mereka, David de Gea.
ADVERTISEMENT
Rabu (17/4/2019) dini hari WIB, United datang ke Camp Nou dengan tekad untuk membalikkan keadaan. Maklum, sepekan sebelumnya mereka takluk 0-1 di Old Trafford. Sang lawan bukanlah tim biasa, mereka adalah salah satu kandidat juara Liga Champions musim ini, Barcelona.
Pelatih United, Ole Gunnar Solskjaer, sudah pasang ancang-ancang. Sama seperti pertandingan melawan Paris Saint-Germain, ia menargetkan anak-anak asuhnya untuk mencetak gol secepat mungkin. Dan ini tercermin dari bagaimana rajinnya pemain-pemain United melakukan pressing ke pemain-pemain bertahan Barcelona.
Namun, seperti yang dituturkan oleh Squawka, kehadiran Sergio Busquets membuat pressing pemain-pemain United menjadi sia-sia. Seperti biasa, Busquets punya tugas untuk turun ke lini belakang --menjadi bek ketiga di antara dua bek tengah-- ketika Barcelona menguasai bola di lini belakang.
ADVERTISEMENT
Kehadiran Busquets membuat bola lebih mudah dialirkan oleh pemain-pemain belakang Barcelona. Di sisi lain, para pemain belakang United justru tidak nyaman menguasai bola lama-lama. Alhasil, mereka kagok ketika ditekan oleh pemain-pemain depan Barcelona. Hal inilah yang bikin Ashley Young bikin blunder --ketika bola direbut dari penguasaannya-- dan menjadi awal dari lahirnya gol pertama Lionel Messi.
Selain membuat Young jadi pesakitan, Messi juga membuat De Gea tampak seperti amatiran. Sebagai kiper yang disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di dunia, sudah sering De Gea membuat penyelamatan yang --well-- sering menyelamatkan muka United. Namun, itu tidak terjadi di Camp Nou semalam.
Pada menit ke-20, Messi melepaskan sepakan yang sebetulnya tidak keras-keras amat --meski akurat. Sepakan Messi itu sebetulnya bisa diantisipasi oleh De Gea. Sembari menjatuhkan badan, kiper asal Spanyol itu tampak berhasil menangkap bola. Tak dinyana, bola itu justru lolos lewat sela-sela tangan dan badannya. Gol pun tercipta.
ADVERTISEMENT
Pendukung United boleh heran melihat performa De Gea pada pertandingan tersebut. Namun, jika melihat catatan statistik, ini bukan blunder pertama yang dilakukan De Gea pada musim 2018/19. Menurut catatan situs Premier League, De Gea sudah dua kali melakukan eror yang berujung terciptanya gol musim ini.
Bersama Asmir Begovic (5 eror), Jordan Pickford (4 eror), serta Bernd Leno dan Alisson Becker (3 eror), De Gea menjadi salah satu kiper yang cukup sering melakukan blunder musim ini. Ditambah kesalahan pada laga melawan Barcelona, Opta mencatat bahwa De Gea sudah membuat 3 eror di seluruh kompetisi musim ini. Di posisi kiper, hanya Begovic dan Pickford yang melakukan kesalahan lebih banyak darinya.
Padahal, pelatih kiper United, Emilio Alvarez, mengatakan bahwa De Gea sudah melakukan persiapan khusus sebelum menghadapi Barcelona. Namun, yah, kita tahu 'kan ujung-ujungnya seperti apa?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan