Pencarian populer
Taklukkan Leganes, Barcelona Kokoh di Puncak Klasemen
Striker Barcelona, Luis Suarez berduel dengan pemain Leganes, Recio (Foto: REUTERS/Albert Gea)
FC Barcelona berhasil mengalahkan Leganes dengan skor 3-1 di pertandingan La Liga pekan ke-20, Senin (21/1/2019). Gol Barcelona dicetak oleh Ousmane Dembele, Luis Suarez, dan Lionel Messi, sementara gol Leganes diciptakan oleh Martin Braithwaite.
Berkat kemenangan ini, Barcelona kokohkan posisi mereka di puncak klasemen La Liga dengan total 46 poin. Di kubu lawan, Leganes tertahan di peringkat 14 dengan raihan 22 poin.
Menghadapi Leganes, Barcelona tentu ingin membalas dendam setelah takluk dengan skor 1-2 di pertemuan perdana La Liga musim ini. Meskipun begitu, manajer Barcelona, Ernesto Valverde, memilih untuk mengistirahatkan segelintir pemain kuncinya untuk menghadapi laga Copa del Rey melawan Sevilla pada Kamis (24/1) mendatang.
Dua pemain kunci Blaugrana, Messi dan Ivan Rakitic, dicadangkan oleh Valverde. Posisi Messi digantikan oleh bintang muda asal Prancis, Dembele, sementara tempat Rakitic dihuni oleh pemain binaan La Masia, Carles Alena. Di lini belakang, Thomas Vermaelen menggantikan Samuel Umtiti yang masih belum fit.
Kubu Leganes tampil dengan kekuatan penuh. Oscar Arnaiz, pencetak gol di pertemuan perdana melawan Barcelona menjadi metronom di lini tengah. Braithwaite dan Youssef En-Nesyri menjadi tumpuan di lini depan. Kapten tim, Dimitrios Siovas, ditemani oleh Kenneth Omeruo dan Rodrigo Tarin di pos sentra pertahanan.


Bermain di Camp Nou, Barcelona menguasai pertandingan sejak peluit awal dibunyikan. Bola berhasil dikuasai oleh Sergio Busquets dkk, namun pertahanan Leganes yang alot membuat peluang Barcelona selalu mentah. Kesabaran Los Cules pada akhirnya membuahkan hasil setelah setengah jam.
Di menit ke-31, Dembele berhasil membawa Barcelona unggul. Pemain berusia 21 tahun ini berhasil menyelesaikan pergerakan manis dari beberapa pemain Barcelona. Cut back yang dilakukan oleh Jordi Alba berhasil disambut dengan baik oleh Dembele. Mantan pemain Borussia Dortmund ini meneruskan performa menawannya setelah mencetak dua gol di laga Copa del Rey melawan Levante pada Kamis (17/1/2019) lalu.

Selebrasi Ousmane Dembele dengan Gerard Pique. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

Tak puas dengan satu gol, Barcelona terus melakukan gempuran ke gawang Ivan Cuellar. Dembele masih menjadi motor utama serangan tuan rumah, sementara Philippe Coutinho juga mampu berkontribusi dari sisi lainnya. Namun, tak satu gol pun tercipta dan skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama.
Barcelona kembali memegang kendali begitu babak kedua dimulai. Namun, publik Camp Nou tampaknya lebih bergairah setelah melihat Messi melakukan pemanasan di pinggir lapangan lima menit usai turun minum. Gemuruh sorakan menyambut La Pulga sekaligus meminta Valverde untuk menurunkan Messi begitu terdengar.
Valverde tampak mendapat sinyal untuk memasukkan Messi setelah Leganes berhasil menyamakan kedudukan. Di menit ke-57, Braithwaite berhasil menyontek bola hasil sodoran rekannya di lini depan, En-Nesyri. Barcelona tentu tersentak, terlebih sang tamu berhasil kembali membuat Pique dan Vermaelen ketar-ketir di lini belakang.
Tuntutan penonton di Camp Nou akhirnya dikabulkan oleh Valverde. Lima menit pasca-gol Braithwaite, Messi masuk menggantikan Alena, yang kemudian disambut oleh aplaus deras penggemarnya. Rakitic turut menemani Messi setelah gelandang asal Kroasia ini ditunjuk manajernya untuk menggantikan Arthur Melo. Sayang, tak lama setelah kedua pemain ini masuk, Dembele mengalami cedera. Gelandang serang muda asal Brasil, Malcom, terpilih menjadi substitusi Dembele.
Masuknya Messi memberikan dampak yang instan. Tendangan peraih lima trofi Ballon D'Or ini mengawali gol Luis Suarez di menit ke-71. Suarez berhasil mengantisipasi hasil tepisan Cuellar terhadap tendangan Messi dengan baik dan menyambar bola ke gawang Leganes. Meskipun sedikit diwarnai kontroversi karena kaki Suarez turut mengenai tangan Cuellar, wasit tetap mengesahkan gol ini.

Selebrasi Suarez bersama Messi. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

Gol Suarez menyulut atmosfer laga. Pelanggaran-pelanggaran keras mulai terjadi. Cuellar pun turut 'balas dendam' terhadap Suarez dengan menubruk striker asal Uruguay tersebut. Hanya, wasit luput melihat kejadian ini.
Tak hanya berbagai pelanggaran yang terjadi. Banyak peluang yang berhasil tercipta, tak hanya dari Barcelona, namun juga dari Leganes. Upaya tim tamu untuk meraih poin memang patut untuk dipuji. Namun, sang tuan rumah lah yang berhasil menambah keunggulan di babak injury time.
Gol penutup Barcelona dicetak oleh, tak lain tak bukan, Messi. Tendangan kaki kanan pemain bernomor punggung 10 ini berhasil mengunci tiga poin bagi timnya, sekaligus membawa namanya makin kokoh di puncak topskorer La Liga dengan total 18 gol.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: