kumparan
15 Sep 2018 20:33 WIB

Tekuk Spurs, Catatan Sempurna Liverpool Berlanjut

Selebrasi gol pemain Liverpool. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)
Liverpool memainkan pekan kelima Premier League dengan sempurna. Bertandang ke markas Tottenham Hotspur, Wembley Stadium, Sabtu (15/9/2018) pukul 18:30 WIB, The Reds menang dengan skor 2-1.
ADVERTISEMENT
Sepasang gol Liverpool dalam laga ini dilesakkan oleh Giorginio Wijnaldum menit ke-38 dan Roberto Firmino menit ke-53. Gol balasan Spurs dicetak oleh Erik Lamela pada menit ke-90(+2). Atas hasil ini, 'Si Merah' bertahan di puncak klasemen setelah mengemas 15 poin. Sedangkan, Spurs bertengger di peringkat ke-5 dengan koleksi 9 angka.
Turun arena dengan pola 3-5-2, Mauricio Pochettino kembali memasang Hary Kane dan Lucas Moura di depan. Christian Eriksen, Eric Dier, dan Mousa Dembele diutus untuk menopang duet Kane-Moura dari lini kedua. Di bawah mistar, Pochettino memainkan Michel Vorm.
Sementara itu, Juergen Klopp tak banyak melakukan perubahan baik dalam susunan pemain maupun skema dasar. Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane tetap jadi andalan di depan dalam balutan formasi 4-3-3. Bedanya, kali ini Naby Keita bermain sejak menit awal.
ADVERTISEMENT
Liverpool langsung menyentak sejak awal laga. Belum genap pertandingan berjalan satu menit, Mane mampu menggetarkan jala gawang Spurs usai menyambut umpan silang dari sisi kanan. Akan tetapi, pemain bernomor punggung 10 itu lebih dulu berada dalam posisi offside.
Setelah itu, kedua tim kesulitan untuk menciptakan peluang. Spurs yang mencatatkan penguasaan bola 60% sepanjang 45 menit pertama laga, cuma melepaskan 3 upaya tembakan dan 1 saja yang mengarah ke gawang.
Liverpool yang kalah menyoal penguasaan bola beberapa kali mampu meneror gawang Spurs. Seperti yang terjadi pada menit ke-22, Salah bisa melewati dua pemain bertahan Spurs melalui kecepatannya. Akan tetapi, tendangan pemain asal Mesir tersebut di dalam kotak 16 masih mampu ditepis oleh penjaga gawang Vorm.
ADVERTISEMENT
Gol pembuka dalam laga ini dicetak oleh Wijnaldum pada menit ke-38. Prosesnya bermula dari sepakan pojok. Bola yang melayang di depan gawang berhasil disambut Wijnaldum melalui sundulan kepala. Sebenarnya, Vorm dapat menepisnya, tetapi bola sudah melewati garis gawang.
Ketinggalan, Spurs panas. Mereka meningkatkan intensitas dan agresivitas serangan. Akan tetapi, sampai babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan Liverpool menghiasi papan skor.
Tottenham Hotspur vs Liverpool. (Foto: Reuters/Paul Childs)
Selepas jeda, jual beli serangan intens terjadi. Pada menit ke-49, Liverpool nyaris menggandakan keunggulan manakala tembakan Mane sambil memutar badan gagal diantisipasi oleh Vorm. Selang dua menit, giliran Spurs yang menebar ancaman. Dengan kelincahannya, Moura mampu melewati tiga pemain belakang Liverpool. Akan tetapi, tembakan Moura masih meluncur tipis di samping mistar.
ADVERTISEMENT
Liverpool sukses memperlebar keunggulan pada menit ke-53. Gol tersebut berawal dari tusukan Mane di sisi kanan. Setelah memasuki kotak 16, Mane mengirim umpan silang datar. Jan Vertonghen melakukan sapuan, tetapi bola justru mengenai mistar dan menggelinding di garis gawang. Firmino yang tak mendapat penjagaan dapat menyontek bola ke dalam gawang.
Untuk memangkas defisit gol, Spurs menempuh beberapa cara. Salah satunya memasukkan Son Heung-Min. Pergantian tersebut mampu menambah daya gedor Spurs. Hasilnya, beberapa situasi menguntungkan didapatkan Spurs. Akan tetapi, tak ada yang berhasil dikonversikan menjadi gol.
Liverpool yang terus ditekan justru mampu meneror gawang Spurs lewat skema serangan balik. Sayangnya, peluang-peluang yang didapatkan Liverpool selalu berujung kegagalan. Seperti tembakan Keita dan Salah di dalam kotak 16 yang masih dapat diredam oleh Vorm.
ADVERTISEMENT
Di masa injury time, Spurs dapat memangkas defisit gol. Erik Lamela yang bermain di pertengahan babak kedua mampu mencatatkan nama di papan skor usai menyambut umpan silang via sepakan pojok dengan tendangan voli. Skor 2-1 untuk kemenangan Liverpool bertahan sampai peluit panjang berbunyi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan