kumparan
23 Jul 2019 17:21 WIB

Tembus Lima Besar Jadi Motivasi Persib Kalahkan Bali United

Pemain Persib Bandung pada laga pertandingan Liga 1 2019, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Persib Bandung sedang bagus-bagusnya. Dua laga teranyar mereka lalui dengan kemenangan dan tanpa kebobolan.
ADVERTISEMENT
Setelah menundukkan Kalteng Putra 2-0 pada pekan kesembilan, Persib mengalahkan PSIS 1-0 pada pekan berikutnya. Dua kemenangan tersebut membuat morel para pemain 'Maung Bandung' naik.
Pada pekan ke-11, Jumat (26/7/2019), Persib akan menjamu Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Raihan tiga poin akan membawa Persib masuk lima besar klasemen Liga 1 2019.
"Ketika kami memenangi laga melawan Bali United Jumat nanti, kami bisa mengklaim posisi di lima besar. Dan itu menjadi inspirasi bagi pemain yang juga telah memiliki motivasi tinggi untuk memainkan laga ini demi bisa naik ke lima besar," ujar Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, di situs resmi klub.
Pemain Persib Bandung menjalani latihan jelang laga melawan Persija di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (9/7). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Saat ini, Persib sedang berada di posisi kesembilan dengan raihan 13 angka. Supardi Natshir dan kolega hanya terpaut satu angka dengan Borneo FC yang menempati posisi lima.
ADVERTISEMENT
Bali United, tentu saja, bukan tim sembarangan. Mereka adalah salah satu tim yang paling konsisten dalam beberapa musim terakhir. Musim ini, 'Serdadu Tridatu' sempat melewati dua laga tanpa kemenangan. Namun, mereka bangkit dengan mengalahkan PSS Sleman 3-1 pada pekan ke-10.
Yang menarik, tim besutan Stefano 'Teco' Cugurra itu juga bisa menang dengan skor yang --bisa dibilang-- tak impresif. Pada pekan kedua hingga keempat, mereka menang dengan skor identik, 1-0, atas Bhayangkara FC, Persija Jakarta, dan PSIS Semarang.
Di sisi lain, minimnya Bali United dalam urusan mencetak gol (baru membobol gawang lawan 13 kali dari 9 laga) bisa menjadi keuntungan tersendiri buat Persib. Catatan nirbobol dalam dua laga terakhir mengindikasikan pertahanan 'Maung Bandung' sedang moncer.
ADVERTISEMENT
Padahal, pada laga teranyar menghadapi PSIS, Persib kehilangan tiga pilar di lini belakang; Bojan Malisic dan Achmad Jufriyanto tak bisa bermain akibat akumulasi kartu, sementara Muhammad Natshir tak merumput akibat cedera patah kaki.
Alhasil, Alberts terpaksa melakukan perubahan formasi. Mantan Pelatih PSM Makassar itu menerapkan pola 5-4-1 dengan menggunakan Supardi Natsir sebagai bek tengah, mendampingi Indra Mustofa dan Saepuloh Maulana.
Perubahan itu terbukti menghasilkan tiga poin plus catatan nirbobol untuk Persib. Nah menghadapi Bali United, lini belakang Persib dipastikan bertambah kuat.
Pasalnya, Jufriyanto dan Malisic sudah bebas dari hukuman akumulasi. Keduanya siap menghadapi ancaman lini depan Bali United yang berisikan Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic, dan Yabes Roni.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan