kumparan
5 Jul 2018 0:54 WIB

Tentang Dugaan Barcelona Sediakan Lever Ilegal untuk Abidal

Eric Abidal dalam sebuah konferensi pers. (Foto: Louisa Goulimaki/AFP)
Barcelona adalah klub spesial bagi Eric Abidal. Pada 2012, Barcelona menolong Abidal dalam operasi transplantasi lever. Namun, ada tuduhan miring terkait donasi lever untuk Abidal.
ADVERTISEMENT
Dilansir El Confidencial, Sandro Rosell selaku Presiden Barcelona saat itu, membeli lever secara ilegal. Hal ini sekaligus mengaburkan pemberitaan bahwa lever untuk Abidal itu berasal dari sepupunya.
Dugaan semakin kuat karena El Confidencial merilis percakapan Rosell dengan seseorang tak dikenal tentang pembelian lever untuk Abidal. Transkrip percakapan sempat menjadi bukti yang dikirim ke Pengadilan Agung Spanyol di Madrid pada 20 April 2017.
Jika sampai dilanjutkan, maka Rosell akan terjerat dua kasus sekaligus. Pertama. dia akan dijerat oleh kasus pencucian uang yang membuatnya dipenjara saat ini. Kedua, kasus lever ilegal ini, jika terbukti benar, akan membuatnya dihukum penjara antara enam sampai 12 tahun.
Khusus untuk kasus lever ilegal ini memang sempat dibawa ke Pengadilan Agung di Madrid, lalu diserahkan kepada pengadilan Catalunya. Namun, pihak pengadilan Catalunya sudah menutup kasus ini sejak awal 2018. Detail penting inilah yang tidak diberitakan di El Confidencial.
ADVERTISEMENT
"Kami menerima surat dari Pengadilan Agung di Madrid setahun silam perihal aktivitas kriminal yang diduga melibatkan nama Sandro Rosell terkait pembelian lever secara ilegal," bunyi pernyataan resmi pengadilan Catalunya seperti dilansir oleh ESPNFC.
"Kami melakukan investigasi terkait kasus ini, tetapi tak ada barang bukti kuat yang bisa kami temukan. Maka penyelidikan untuk kasus ini sudah kami tutup," demikian pernyataan resmi tersebut.
Eric Abidal dalam sebuah konferensi pers. (Foto: Franck Fife/AFP)
Menanggapi kasus lever ilegal yang kembali ramai, pihak Barcelona merilis bantahan. La Blaugrana menyebut bahwa pemberitaan El Confidencial telah menyinggung sisi kemanusiaan Abidal.
"Berita ini melukai Abidal, semua pihak yang terlibat dalam transplantasi levernya, FC Barcelona, dan tentu saja presiden terdahulu kami, Sandro Rosell. Pihak klub menyesalkan publikasi berita yang tanpa memedulikan sisi sensitivitas," bunyi pernyataan resmi Barcelona..
ADVERTISEMENT
Abidal sendiri sekarang menjabat sebagai Direktur Olahraga Barcelona. Tidak hanya itu, pemain yang juga pernah bermain untuk Tim Nasional (Timnas) Prancis di Piala Dunia 2006 ini mendirikan Eric Abidal Foundation, terinspirasi dari perjuangannya sembuh dari penyakit lever.
Eric Abidal Foundation juga tak ketinggalan untuk buka suara. Mereka menyangkal bahwa lever yang ditransplantasikan kepada Abidal itu ilegal dan mengklaim tidak ada hal janggal dalam penyembuhan penyakit Abidal.
"Semua proses berkaitan dengan transplantasi lever berdasarkan protokol dan prosedur yang ada," demikian pernyataan resmi Eric Abidal Foundation.
"Kami menyesalkan karena integritas dari semua pihak yang terlibat dalam proses transplantasi tersebut dipertanyakan. Eric telah mengakui bahwa dia bersyukur atas segala perawatan serta lever dari sepupunya, Gerard."
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·