kumparan
18 Sep 2019 20:58 WIB

Timnas U-16 Menang 15-1 atas Kepulauan Mariana Utara

Pertandingan Indonesia U-16 vs Kepulauan Mariana Utara U-16 pada babak kualifikasi Piala Asia U-16 di Stadion Madya GBK, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Timnas U-16 Indonesia kembali meraih poin penuh di laga kedua Kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Skuat Garuda Asia berhasil menang telak 15-1 ketika berhadapan Kepulauan Mariana Utara (KMU) di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (18/9/2019).
ADVERTISEMENT
Tim Merah-Putih langsung mengurung wilayah pertahanan KMU sejak menit awal. Hanya, anak asuh Bima Sakti Tukiman belum sanggup memecah kebuntuan.
Satu-satunya tembakan ke gawang tercipta lewat tendangan bebas langsung oleh Ahmad Athallah Araihan. Garuda Asia baru bisa menggetarkan jala lawan pada menit kesembilan.
Berawal dari sepak pojok, bola sapuan bek KMU tak sempurna dan malah mendarat di kaki Marselino Ferdinan. Pemain bernomor 10 itu langsung mengeksekusi dengan sepakan keras.
KMU yang diasuh Mita Michiteru dipaksa bermain setengah lapangan. Pasalnya, Timnas U-16 lebih banyak menguasai bola di wilayah lawan.
Timnas U-16 tetap di atas angin meski Bima Sakti melakukan merotasi hampir setengah dari pemain yang bermain melawan Filipina. Tercatat cuma empat nama yang dipertahankan Bima menjadi starter, yaitu Alexandro Felix, Marselino Ferdinan, Ahmad Athallah Araihan, Marcell Januar Putra, Resa Aditya, dan kiper Putra Kaicen.
ADVERTISEMENT
Pertandingan Indonesia U-16 vs Kepulauan Mariana Utara U-16 pada babak kualifikasi Piala Asia U-16 di Stadion Madya GBK, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Superioritas Garuda Asia makin tampak karena ada lima gol susulan yang berhasil dicetak. Pada menit ke-15, Aditya Daffa Al Haqi mencetak gol lewat sundulan setelah memanfaatkan umpan silang Marselino.
Cuma jeda semenit, Athallah kembali masuk papan skor. Tembakan menyilangnya mampu mengecoh kiper Merrick Vicente Toves. Dua menit berikutnya, Athallah membukukan hattrick setelah memanfaatkan bola cut-back dari Ruy Arianto.
Jala KMU kembali berguncang pada menit ke-26. Aktornya lagi-lagi Athallah yang bisa mengonversi menjadi gol umpan mendatar Felix.
Athallah menjadi bintang pada babak pertama. Ia menambah koleksi golnya menjadi empat pada menit ke-42. Bola sapuan pemain lawan berhasil dikontrol dengan baik oleh striker bernomor 19 itu. Dengan tendangan mendatar, Athallah berhasil menggetarkan jala gawang KMU.
ADVERTISEMENT
Meski tertekan sepanjang babak pertama, KMU nyatanya berhasil mencuri gol pada menit ke-45. Tendangan bebas kiper dari wilayah sendiri langsung ditujukan ke pertahanan Timnas U-16.
Jim Kurt Maniago dengan cepat mengejar umpan. Kapten Timnas U-16, Marcell Januar, tak siap menerima serangan tiba-tiba itu. Jim pun bisa mengontrol bola dan langsung menceploskan bola ke gawang Putra Kaicen yang posisinya tidak pas.
Skor 6-1 buat keunggulan Timnas U-16 menutup babak pertama. Pada babak kedua, Garuda Asia kembali mengepung KMU.
Laga baru berjalan enam menit, Timnas U-16 berhasil menambah gol. Marselino menambah koleksi golnya melalui tendangan dari kotak penalti.
Pertandingan Indonesia U-16 vs Kepulauan Mariana Utara U-16 pada babak kualifikasi Piala Asia U-16 di Stadion Madya GBK, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Dua menit berselang, Marselino mencetak hattrick. Ia berhasil mengeksekusi penalti setelah dirinya dijatuhkan oleh Jeremiah Jerome Diaz.
ADVERTISEMENT
Anak asuh Bima Sakti makin jauh seusai mencetak dua gol dalam dua menit. Pada menit ke-58, Faizal menyumbang gol lewat sundulan. Semenit berikutnya, giliran Wahyu Pratama yang berkontribusi buat gol tim.
Pesta gol Timnas U-16 tak berhenti di situ. Marselino mencetak gol keempatnya pada menit ke-63 setelah mengamankan bola liar hasil tepisan kiper lawan.
Ruy juga tak ingin ketinggalan menyumbang gol. Ia bekerja sama satu dengan dengan Wahyu Agong Drajat sebelum menyelesaikan serangan dengan tendangan mendatar.
Pemain yang baru masuk pada babak kedua, Wahyu Pratama ikut berkontribusi buat tim. Ia mencetak gol pada menit ke-78 setelah menerima umpan silang mendatar dari Felix.
Timnas U-16 menutup laga dengan dua gol di pengujung duel. Mikael Alfredo Tata masuk papan skor pada menit ke-88. Sementara Marselino mencetak gol kelimanya pada menit ke-90.
ADVERTISEMENT
Kemenangan besar membuat kans Garuda Asia lolos ke putaran final makin besar. Anak asuh Bima Sakti masih harus menghadapi Brunei dan lawan kuat China pada laga berikutnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan