Pencarian populer

Timnas U-19 Sudah Sangat Siap Berjuang di Piala Asia

Saat pelatih Indonesia, Indra Sjafri (kanan) konferensi pers AFC U-19 Championship Indonesia. (Foto: Alan Kusuma/kumparan)

Perjuangan bakal segera dimulai Timnas U-19 di Piala Asia U-19 2018. Pada laga perdana, mereka akan menghadapi Taiwan U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (17/10/2018).

Sejak awal Agustus lalu, penggawa Timnas U-19 telah melakukan persiapan dengan melakoni pemusatan latihan secara berlanjut. Selain pemusatan latihan, laga uji tanding dengan klub lokal dan internasional juga menjadi menu pelengkapnya.

"Alhamdulillah, segala bentuk persiapan sudah kami lakukan selama beberapa bulan terakhir. Kami akan terlebih dahulu menghadapi Taiwan. Kita semua memahami kalau orang Tiongkok mereka pekerja keras dan all-out pada setiap laga," ujar pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, dalam sesi jumpa pers sebelum turnamen di SUGBK, Rabu (17/10).

"Setelahnya, kami juga akan menghadapi Qatar yang memiliki kualitas karena pemain yang mereka bawa juga tentu akan dipersiapkan untuk Piala Dunia 2022 nanti."

"Dan kalau Uni Emirat Arab, waktu saya melatih pada 2013 lalu sudah pernah menghadapi mereka. Bahkan, saya pernah juga mengunjungi pemusatan latihan di sana. Saya pikir kami memang sudah sangat siap."

Timnas U-19 saat melakoni uji tanding melawan Arab Saudi. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz/18.)

Persiapan termutakhir yang dilakukan oleh Indra bagi anak asuhnya adalah menggelar tim-tim dari Asia Timur, Tengah, dan Asia Tenggara. Hal itu, dikatakan Indra, bertujuan guna mengukur kekuatan lawan.

Adapun lawan-lawan yang telah mereka hadapi sebelum menuju Piala Asia adalah Thailand U-19 dan China U-19 dalam turnamen segitiga pada September lalu. Sementara, dua laga lainnya berhadapan dengan Arab Saudi U-19 dan Yordania U-19.

Dari empat laga uji tanding internasional itu, Saddil Ramdani dan kolega mendapatkan dua kali kalah, satu seri, dan sekali meraih kemenangan.

Pelatih UEA, Batelli Ludovic (kiri), Pelatih Qatar, Bruno Pinheiro (kiri dari kedua), Pelatih Taiwan, Vom Ca Ngum (kanan dari kedua) dan Pelatih Indonesia, Indra Sjafri (kanan). (Foto: Alan Kusuma/kumparan)

"Semua tim yang sudah tiba di Indonesia saat ini adalah tim yang terbaik, dan tim yang ada di grup Indonesia ini adalah tim yang lolos dengan mewakili kualifikasi mereka," kata Indra.

"Ada tim Timur Tengah dan Asia Timur, kami sudah mencobanya dari laga uji tanding, ada Arab Saudi dan Yordania. Kalau tidak sama, minimal kurang-lebih sama. Sementara, kami mendeskripsikan Taiwan dengan beruji tanding dengan Tiongkok. Yang paling penting di turnamen ini adalah bagaiamana mempersiapkan tim kami," tutupnya.

Di Piala Asia, Timnas U-19 ditargetkan bisa lolos hingga ke fase semifinal karena akan menyegel tiket otomatis ke Piala Dunia U-20 di Polandia pada tahun depan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61