kumparan
8 Sep 2019 17:42 WIB

Timnas U-23 Indonesia Juara Trofeo Sultan Hamengkubuwono X

Penyerang Timnas U-23 Indonesia, M. Rafli (depan), di ajang Merlion Cup 2019. Foto: dok. PSSI
Turnamen Trofeo Sultan Hamengkubuwono X yang digelar di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Minggu (8/9/2019) sore WIB, dijalani Timnas U-23 Indonesia dengan sangat baik. Dalam format tiga tim bertanding dalam satu babak, Timnas U-23 berhasil merengkuh gelar juara.
ADVERTISEMENT
Anak-anak asuh Indra Sjafri berhasil meraih kemenangan di dua pertandingan yang mereka jalani. Bersua Bali United, Timnas U-23 menang dengan skor tipis 1-0. Kemudian, menghadapi tuan rumah PSIM Yogyakarta, Witan Sulaeman dan kolega menang dengan skor 4-1.
Hasil ini membuat 'Garuda Muda' berada di puncak klasemen dengan raihan enam angka. Sementara, PSIM berada di posisi dua dengan dua angka usai berhasil menang atas Bali United melalui drama adu penalti.
Dalam pertandingan perdana, Timnas U-23 menghadapi Bali United dengan beberapa pemain pengalaman. Sebut saja Nadeo Argawinata, Osvaldo Haay, Andy Setyo, Sani Riski, dan Asnawi Mangkualam tampil sejak awal.
Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri pada latihan bersama jelang kualifikasi Piala AFC U-23 2020 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Selasa (5/3). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Di laga ini, Timnas U-23 tampil menyerang lewat kedua sisinya. Osvaldo di sisi kiri dan Feby Eka di kanan menjadi tumpuan serangan Timnas. Laga berjalan 18 menit gol tercipta untuk Timnas U-23.
ADVERTISEMENT
Umpan silang Osvaldo berhasil diterima oleh Septian Bagaskara. Kendati kontrol dari Septian buruk, bola berhasil diserobot Sani yang tinggal berhadapan dengan penjaga gawang. Tendangan menyusur tanah berhasil masuk ke dalam gawang Bali United yang dikawal Samuel Reimas.
Keunggulan 1-0 Timnas U-23 bertahan hingga laga bubar. Hasil yang membuat Timnas memimpin klasemen sementara dengan tiga angka.
Lalu, di laga kedua, Indra Sjafri selaku pelatih melakukan rotasi besar-besaran. Witan Sulaeman yang tak main di laga pertama tampil dari awal. Begitu juga dengan Muhammad Rafli, Luthfi Kamal, dan Bagas Adi yang menjadi tumpuan sejak menit pertama.
Tak seperti di laga pertama, Timnas kali ini tampil lebih santai. Operan-operan pendek dari belakang menjadi titik mula serangan anak asuh Indra Sjafri. Gol pertama baru tercipta di menit ke-21 melalui tendangan bebas Bagas Adi Nugroho.
ADVERTISEMENT
Gol dari Bagas membuka keran untuk gol-gol berikutnya untuk Timnas U-23. Setelahnya, Timnas U-23 menggila dengan tiga gol yang mereka ciptakan. Muhammad Rafli menjadi bintang dengan tiga gol di menit ke-26, 35, dan 46. Sayang, gawang Timnas U-23 yang dikawal Muhammad Riyandi mesti kebobolan di menit akhir melalui penalti Aditya Dewa.
Kemenangan ini membuat Timnas memimpin klasemen dengan torehan enam angka. Hasil yang juga memastikan gelar juara bagi Timnas U23. Ini menjadi hasil yang bagus jelang SEA Games yang akan digelar November mendatang. Tapi, sebelum itu Timnas U-23 masih akan mengikuti turnamen yang digelar di China pertengahan Oktober mendatang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan