kumparan
18 Nov 2018 1:50 WIB

UEFA Nations League: Kroasia Tanpa Rakitic saat Hadapi Inggris

Ivan Rakitic (Foto: REUTERS/Carlos Barria)
Kroasia tampil impresif saat menaklukkan Spanyol 3-2 di pentas UEFA Nations League, A Grup 4, Jumat (16/11/2018) dini hari WIB. Sayangnya, Ivan Rakitic jadi korban dari hasil cemerlang tersebut. Penggawa Barcelona itu ditarik keluar di menit 67 setelah mengalami masalah di paha kanannya.
ADVERTISEMENT
Zlatko Dalic mengatakan bahwa cedera yang dialami Rakitic cukup serius dan memaksanya untuk menepikan peggawa andalannya itu saat bersua Inggris di laga pamungkas UEFA Nations League, Minggu (18/11).
"Dia (Rakitic) akan pulang ke Barcelona, ​​ini cedera serius. Anda tahu bahwa saya biasanya tidak mengambil risiko. Jika ada keraguan bahwa cedera itu serius, maka kami akan mengistirahatkannya," kata Dalic kepada Sky Sports.
Bukan cuma Kroasia saja yang merugi. Barcelona juga terpaksa mentas tanpa Rakitic saat melawat ke markas Atletico Madrid di pekan ke-13 La Liga minggu depan.
"Kami ingin pemain yang sehat dan Ivan saat ini tidak siap 100 persen. Sayangnya, kami akan bermain tanpanya."
ADVERTISEMENT
Bersama Luka Modric, Rakitic jadi pemain yang punya jasa besar saat mengantar Kroasia finis sebagai runner-up di Piala Dunia 2018 lalu. Bukan cuma sebagai penyeimbang area sentral saja, tetapi juga mendongkrak kreativitas tim dari lini kedua.
Nyatanya pemain dengan 102 caps untuk Kroasia itu sukses melepaskan 1,4 umpan kunci per laga sepanjang gelaran Piala Dunia 2018 lalu --hanya kalah dari Modric sebagai pengukir key pass terbanyak.
Modric dan Rakitic, kunci Kroasia. (Foto: REUTERS/Lucy Nicholson)
Rakitic sendiri merupakan salah satu pemain kepercayaan Dalic. Di Rusia lalu, mantan penggawa Schalke itu menjadi salah satu pemain Kroasia dengan menit tampil tertinggi yakni 638 menit. Jumlah tersebut hanya kalah dari Modric dan Dejan Lovren.
Kendati bukan perkara gampang untuk menggantikan Rakitic, Dalic masih punya beberapa opsi gelandang yang nantinya akan bertandem dengna Modric dan Marcelo Brozovic, yakni Mateo Kovacic, Milan Badelj, dan pemain muda yang memperkuat Wolfsburg, Josip Brekalo.
ADVERTISEMENT
"Kami akan melihat siapa yang akan menggantikannya. Kami punya Kovacic, Brekalo, dan Badelj."
Kemungkinan besar Dalic akan menurunkan gelandang dengan atribut bertahan untuk menyeimbangkan kreativitas Modric dan Brozovic. Nah, Kovacic yang tampil ciamik bersama Chelsea sejauh ini bisa jadi pilihan ideal. Selain catatan aksi bertahannya yang terbilang tinggi --1,5 tekel per laga-- pemain berusia 24 tahun itu juga seorang pengalir bola ulung.
Kovacic saat berlatih bersama Timnas Kroasia. (Foto: REUTERS/Darren Staples)
Sementara Baldej bisa menjadi alternatif saat Kroasia mulai mengaplikasi mode defensif. Sedangkan Brekalo bisa diturunkan di pertengahan babak kedua untuk mendongkrak daya gedor tim.
"Selalu ada solusi dan kami harus berhenti merengek saat seorang pemain harus absen. Kami akan mencari solusi dan pergi ke Wembley untuk menikmati permainan."
ADVERTISEMENT
Kroasia kudu menaklukkan Inggris demi menyabet tiket ke semifinal UEFA Nations League. Sebaliknya, Vatreni akan terdegradasi ke League B andai kalah dari Harry Kane dan kolega di laga nanti. Jika pertandingan berakhir imbang, maka Spanyol yang akan finis sebagai juara Grup 4.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan