Pencarian populer

Viking: Rasa Cinta Kami ke Persib Begitu Besar

Viking Persib begitu ramai. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Tak bisa dipungkiri, saat ini Persib Bandung dipandang sebagai salah satu klub besar di Indonesia. Tak hanya besar dari segi finansial, tetapi juga dukungan dari para suporternya yang melimpah ruah.

Memang sih jika dibandingkan klub lain--ambil contoh Persipura Jayapura--Persib masih inferior dari segi trofi. Dalam 20 tahun terakhir, "Pangeran Biru" tercatat baru berhasil menggondol tiga gelar juara.

Pertama, saat kompetisi sepakbola bernama Perserikatan, Persib berhasil merengkuh trofi setelah mengalahkan PSM Makassar pada 1994/1995. Setahun berselang, setelah Perserikatan berganti nama menjadi Liga Indonesia, Persib kembali naik podium dengan menuntaskan perlawanan Petrokimia Putra Gresik di final.

Penantian panjang warga Jawa Barat akhirnya tertuntaskan setelah Persib berhasil menyabet gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 dengan mengalahkan Persipura lewat kemenangan dramatis melalui adu pinalti dengan skor 5-3.

Meski demikian, mendukung sebuah kesebelasan tak selamanya tentang jumlah trofi, bukan? Ada makna yang jauh lebih penting di dalamnya: cinta.

Ya, kecintaan terhadap Persib juga yang membuat Bobotoh masih berdiri tegak hingga saat ini. Meskipun Persib musim ini belum menunjukkan performa impresifnya, dukungan Bobotoh nyatanya tak pernah luntur.

Tengok saja jika Persib melakoni partai kandang, puluhan ribu suporter selalu menyemut di stadion. Bahkan, bagi yang tak sempat datang menonton langsung, mereka biasanya memanfaatkan media televisi dan bahkan radio. Intinya, semua cara dilakukan untuk mendukung Persib.

Kini, seiring kemajuan zaman, makna dukungan meluas hingga merambah media sosial (medsos). Bobotoh selalu gaduh ketika berbicara mengenai Persib di Instagram, Twitter, dan Facebook. Dan, militansi mereka itu bukannya tanpa hasil.

Buktinya, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menobatkan Persib sebagai klub terpopuler di Asia. AFC menjadikan medsos sebagai tolak ukur sejauh mana klub itu dikenal. Dan hasilnya, Persib merupakan klub dengan pengikut paling banyak di Facebook. Jumlahnya mencapai 9,5 juta followers.

Sebelumnya, sebuah situs thetoptens.com juga merilis daftar sepuluh klub paling terkenal di dunia. Dalam situs tersebut menyebut bahwa kepopuleran Atep dan kawan-kawan bahkan mampu mengalahkan klub besar Eropa layaknya Arsenal, Juventus, Liverpool, dan AC Milan dengan duduk di posisi keenam.

Melihat fenomena itu, Ketua Viking Persib Club Heru Joko mengakui dukungan Persib saat ini begitu luas. Sejak dahulu, dimana pun Persib bermain, selalu ada Bobotoh yang menemani.

"Mungkin itu semua terjadi karena rasa memiliki dan cinta terhadap Persib yang begitu besar. Memang pusatnya di Bandung, tetapi kami saling berkomunikasi untuk satu suara mendukung Persib," ujar Heru ketika dihubungi kumparan (kumparan.c.om) pada Selasa (7/4).

"Jika ditanya faktor mencintai Persib sampai ramai di medsos, itu juga karena pendukung yang berasal dari Jawa Barat banyak, mungkin itu. Lalu, karena kami mendukung dari hati. Jadi, rasa itu sudah sangat dalam dan diluapkan ke medsos. Kami merasa sudah satu hati saja makanya ramai sekali di medsos jika ada hal yang berhubungan dengan Persib," sambungnya.

Heru menyatakan pihaknya selalu menjalin komunikasi dengan para suporter Persib lainnya. Itu dilakukan guna menjaga soliditas antar suporter dan bertukar informasi terbaru seputar Persib.

Loading Instagram...

"Sesama pendukung kami juga saling komunikasi lewat grup-grup WhatsApp. Saling berkomentar di laman Facebook dan banyak sih mediumnya kalau buat ngomongin Persib," katanya.

Meski mendukung tanpa lelah, dari lubuk hati terdalam, Bobotoh selalu berharap Persib bisa meraih gelar juara. Apalagi, musim ini penampilan Persib masih angin-anginan.

Dari 11 pekan yang telah dilalui di Go-Jek Traveloka Liga 1 saat ini, Persib masih tertahan di posisi ke-13 dengan mengumpulkan 16 poin. Mereka tertinggal tujuh angka dari PSM Makassar yang saat ini duduk manis di puncak klasemen.

"Harapan kami semoga Persib bisa bermain dengan bagus. Bisa terus menang lah. Semoga juga bisa meraih tempat terbaik nanti (di akhir musim)," tutup Heru.

Amin, Bobotoh?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: