• 0

Virgil van Dijk Kapten Baru Timnas Belanda

Virgil van Dijk Kapten Baru Timnas Belanda


Virgil van Dijk

Virgil van Dijk di sebuah konferensi pers. (Foto: Ian MacNicol/AFP)
Era baru sedang disongsong oleh Tim Nasional (Timnas) Belanda. Usai gagal melaju ke Piala Dunia 2018, Belanda mulai berbenah.
Finalis Piala Dunia 2010 ini telah ditinggalkan oleh pemain-pemain seniornya seperti Arjen Robben dan Wesley Sneijder yang memilih untuk gantung sepatu. Federasi juga telah menunjuk pelatih anyar guna membawa Belanda berprestasi lebih baik lagi. Adalah Ronald Koeman yang menjadi juru taktik anyar bagi Oranje menggantikan Dick Advocaat.


Koeman akan melakoni laga perdana sebagai pelatih Timnas Belanda pada Sabtu (24/3/2018) menghadapi Inggris. Jelang pertandingan menghadapi 'Tiga Singa', Koeman telah menunjuk kapten anyar untuk Belanda.
Adalah bek tengah Liverpool, Virgil van Dijk, yang akan menjadi kapten untuk Timnas Belanda. Bek tengah berusia 26 tahun itu akan menggantikan peran Robben yang telah pensiun dari Timnas.
"Ini langkah yang baik untuk Van Dijk. Dia berada di usia emas saat ini dan bermain di klub besar. Dia bisa mengambil tanggung jawab ini," tutur Koeman dilansir Soccerway.
Van Dijk memang sudah cukup sering membela Belanda. Usai debut pada 10 Oktober 2015, mantan pemain Celtic ini sudah bermain 16 kali untuk Belanda. Van Dijk pun menjadi andalan lini belakang Belanda pada saat kualifikasi Piala Dunia 2018 lalu. Sayang, bek bertinggi 193 sentimeter ini gagal membawa Belanda melaju ke putaran final Piala Dunia.
Menjadi kapten Belanda memang bukan tugas mudah untuk Van Dijk. Pemain kelahiran 8 Juli 1991 ini menyingkirkan nama-nama seperti Kevin Strootman, Stefan de Vrij, dan Georginio Wijnaldum yang juga digadang-gadang akan menjadi kapten tim.


Usai ditunjuk resmi sebagai kapten Timnas Belanda, Van Dijk mengungkapkan perasaanya kepada media. "Ini adalah berita bagus untuk saya dan keluarga saya. Saya sangat gembira dengan kabar ini. Sebuah kehormatan besar menjadi kapten bagi negara sendiri," tutur Van Dijk.
Van Dijk sendiri merupakan bek termahal di dunia. Dia dibeli Liverpool dari Southampton dengan harga 75 juta poundsterling (sekitar 1,3 triliun rupiah).
Catatan Van Dijk pun memang membuat dirinya pantas menjadi pemain mahal. Rata-rata 1,1 tekel dan 2,1 intersep per pertandingan adalah capaian Van Dijk dalam 10 pertandingannya bersama The Reds.
Dengan ditunjuknya Van Dijk, berarti Koeman sudah menepati ucapannya sendiri. Sebelumnya, eks sweeper Barcelona ini pernah mengatakan bahwa dia hanya akan menunjuk kapten dari kalangan bek dan gelandang.


Sepak BolaSportsPiala DuniaTimnas BelandaVirgil van Dijk

presentation
500

Baca Lainnya