Pencarian populer

Zulkifli: Dua Gol ke Gawang Becamex Bukan Perkara Sulit

Selebrasi pemain PSM Makassar usai mencetak gol ke gawang Home United pada penyisihan Grup H Piala AFC, di Stadion Pakansari, Bogor pada Selasa (30/4). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

PSM Makassar menorehkan hasil kurang apik di laga terakhir AFC Cup. Bertandang ke markas Becamex Binh Duong di semifinal zona ASEAN, Rabu (19/6/2019), PSM menelan kekalahan 0-1.

Meski kalah, bukan berarti kesempatan PSM untuk lolos ke babak final zona ASEAN AFC Cup 2019 sudah tertutup. Syaratnya, mereka mesti menang dengan selisih dua gol dalam laga kedua di Stadion Pakansari, Rabu (26/6).

Misi yang sekilas sulit buat 'Juku Eja'. Namun, Zulkifli Syukur sebagai full-back PSM, memiliki pandangan berbeda. Dia melihat target dua gol bukanlah target sulit buat timnya.

"Saya rasa itu tidak sulit (meraih dua gol), jika memang semua pemain yang bermain nantinya menjalankan perannya dengan benar," ujar Zulkifli ketika diwawancarai kumparanBOLA di Hotel Century, Senin (24/6).

Keyakinan Zulkifli tak berarti dirinya meremehkan lawan. Sosok 35 tahun ini tetap mewaspadai Becamex, terutama dalam mode bertahan. Karena pertahanan ketat lawanlah yang membuat PSM gagal menyamakan kedudukan di laga perdana.

Zulkifli Syukur di Hotel Century, Jakarta. Foto: Sandy Firdaus/kumparan

"Di situlah ujian bagi kepintaran sekaligus mental kami sebagai pemain, untuk bisa membalikkan keunggulan lawan di leg pertama," ujar Zulkifli.

Pada laga leg pertama, PSM sebenarnya unggul jumlah pemain atas Becamex. Itu terjadi setelah pada menit ke-50, Nguyen Trung Tin mendapatkan kartu merah karena melanggar Rasyid Bakri dengan keras.

Alih-alih meraih keunggulan, PSM justru tertinggal lewat serangan balik yang dilepaskan Becamex. Pada menit ke-80, diawali oleh umpan silang dari sisi kiri pertahanan yang dilepaskan Le Tan Tai, Nguyen Tien Linh berhasil menyundul bola masuk ke gawang Rivky Mokodompit.

Selebrasi pemain PSM Makassar usai mencetak gol ke gawang Home United pada penyisihan Grup H Piala AFC, di Stadion Pakansari, Bogor pada Selasa (30/4). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Untuk pertandingan kedua, Zulkifli menjanjikan agar kesalahan serupa tak terulang. Karena poin-poin minor telah tercatat dan masuk evaluasi tim kepelatihan PSM.

"Alhamdulillah persiapan sekarang sudah cukup bagus, artinya kesalahan-kesalahan kemarin atau kekurangan-kekurangan sudah teman-teman benahi. InsyaAllah kami juga di sini akan berusaha untuk bisa memenangi pertandingan," ujar Zulkifli.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.55