kumparan
5 Nov 2018 16:43 WIB

5 Camilan Praktis yang Bisa Dimasak dengan Microwave

Camilan yang bisa dibuat dengan microwave. (Foto: Instagram/@arlu_ dan @brianabalducciphoto)
Microwave kini menjadi alat masak yang semakin mudah dijumpai di dapur. Bisa digunakan untuk memasak beragam makanan instan hingga menghangatkan makanan, microwave sering dimanfaatkan saat tak ada kompor di rumah.
ADVERTISEMENT
Tak hanya menghangatkan makanan, ternyata microwave juga bisa digunakan untuk membuat beragam camilan yang praktis. Hanya bermodalkan mug atau mangkuk kecil dan pastinya microwave, mulai dari dessert manis seperti brownies hingga omelette yang mengenyangkan bisa dibuat saat sedang malas memasak.
Yuk bikin, berikut kumparanFOOD sajikan lima camilan praktis yang bisa dibuat menggunakan microwave.
1. Mac n Cheese
Mac and Cheese. (Foto: Instagram/@amy_stein98 dan @thrivemags)
Mac n Cheese merupakan salah satu jenis olahan pasta yang cukup populer, terutama di kalangan anak-anak hingga remaja. Sesuai namanya, sajian ini terbuat dari pasta makaroni yang dimasak bersama keju hingga meleleh dan tercampur rata.
Hidangan bertekstur lembut dan creamy khas Amerika ini ternyata juga bisa dibuat menggunakan microwave, lho. Pertama, rebus 1/2 gelas makaroni dengan 1 gelas penuh air menggunakan microwave selama 3 menit hingga teksturnya lembut. Setelah matang, tambahkan 4 sendok keju parut, susu cair, tepung maizena, garam, dan sedikit merica lalu hangatkan kembali selama 1 menit.
ADVERTISEMENT
2. Omelette
Omelette. (Foto: Instagram/@mhkjune dan @ balancedbowl)
Terkadang kita tak sempat menyiapkan sarapan karena padatnya pekerjaan di pagi hari. Untuk menyiasati rasa lapar di pagi hari, kamu bisa membuat olahan omelette praktis yang dibuat menggunakan microwave.
Berbeda dari omelette biasa yang cenderung kering, membuat omelette dengan microwave akan menghasilkan tekstur yang lembut dan creamy saat disantap. Caranya, kocok satu butir telur lalu masukkan ke dalam cangkir sedang bersama sedikit susu, garam, dan merica. Tambahkan cacahan bawang bombay, paprika, atau sosis lalu masak dengan microwave selama 2-3 menit.
3. Brownies
Brownie in a cup. (Foto: Instagram/@guiltybytes dan @arlu_)
Kata siapa membuat brownies itu merepotkan? Meski hanya bermodalkan cangkir dan perangkat microwave, seporsi brownies cokelat yang lumer di mulut bisa kamu sajikan sebagai camilan lezat di rumah.
ADVERTISEMENT
Proses pembuatannya pun terbilang cepat. Campur 3 sendok tepung terigu, bubuk cokelat, chocochips, sedikit brown sugar, dan satu sendok minyak canola kemudian aduk rata di dalam cangkir. Panggang selama 1-2 menit hingga permukaannya agak padat kemudian sajikan bersama whipped cream atau es krim vanila.
4. Quiche
Quiche. (Foto: Instagram/@ alysonmary9 dan @pastelerialastazione)
Quiche merupakan menu sarapan khas Prancis yang sekilas mirip omelette namun bertekstur lebih padat dan tebal. Perpaduan telur, tepung terigu, susu, dan cacahan daging asap membuat menu ini cocok disantap sebagai menu sarapan yang praktis.
Caranya, kocok 4 sendok tepung terigu, telur, susu, 3 sendok keju parut, garam, dan merica ke dalam mangkuk berukuran sedang hingga tercampur merata. Tambahkan cacahan daging asap dan daun bawang lalu panggang selama dua menit hingga matang.
ADVERTISEMENT
5. Banana muffin
Banana muffin (Foto: Instagram/@lovefatlisa dan @eatnlive)
Punya pisang yang terlalu matang di rumah? Jangan dulu dibuang, kamu bisa mengolahnya menjadi banana muffin yang legit, lho. Caranya, haluskan satu buah pisang menggunakan garpu lalu campur dengan 1/4 cup tepung oat, telur, 1 sendok brown sugar, baking soda, dan kayu manis bubuk.
Masukkan adonan ke dalam mug berukuran sedang lalu panggang dengan microwave selama 1-2 menit. Agar lebih lezat, sajikan banana muffin dalam keadaan hangat bersama whipped cream.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan