kumparan
22 Mar 2018 7:01 WIB

5 Golongan Dim Sum Berdasarkan Cara Pembuatannya

Dim Sum. (Foto: dok. Pixabay)
Siapa yang tak mengenal dim sum?
Kudapan yang satu ini merupakan salah satu sajian populer yang banyak ditemukan di wilayah China, Taiwan, higga Hong Kong. Bahkan, di Indonesia, banyak penjual dim sum yang bisa kamu temukan di pinggir jalan.
ADVERTISEMENT
Meski sangat populer, sebagian orang mengira bahwa dim sum merupakan sebuah nama makanan. Padahal, dim sum sebenarnya bukanlah nama kudapan, melainkan istilah dari bahasa Kantonis yang berarti makanan kecil.
Golongan dim sum sendiri terdiri dari dim sum kukus, dim sum goreng, bakpao, cheong fun dan dim sum manis. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai makanan yang tergolong ke dalam dim sum, berikut ulasan seputar dim sum seperti dilansir Dim Sum Central:
1. Dim sum kukus
Loading Instagram...
Dim sum kukus merupakan jenis dim sum yang paling populer dan dikenal banyak orang. Biasanya, golongan makanan yang termasuk dim sum kukus memiliki rasa yang gurih dengan tekstur kenyal saat digigit.
Beberapa jenis dim sum kukus adalah hakau atau siomay udang, pork siu mai yang berisi daging babi cincang, fong djau atau kaki ayam kukus, dan nor mai gai yaitu ketan isi daging babi berbalut daun teratai.
ADVERTISEMENT
2. Dim sum goreng dan panggang
Loading Instagram...
Selanjutnya ada dim sum goreng dan panggang. Dim sum yang digoreng atau dipanggang memiliki tekstur yang lebih kering dan crunchy saat disantap.
Luo bo gao atau kue lobak yang gurih dan renyah, lumbia atau cheun goon dengan isian sayur, char siu sou atau puff pastry isi daging babi, serta wo tip atau siomay panggang menyerupai gyoza merupakan beberapa dim sum goreng dan panggang yang populer.
3. Bakpao
Loading Instagram...
Tak hanya identik dengan kudapan bercita rasa asin dan gurih, beberapa dim sum juga memiliki cita rasa yang cenderung manis. Salah satunya adalah bao atau lebih dikenal dengan sebutan bakpao.
Beberapa jenis bakpao yang populer adalah Char siu bao atau bakpao isi daging babi dengan rasa manis dan gurih yang unik, gai bao atau bakpao isi daging ayam dan sayuran, dan mantao yaitu sejenis bakpao tanpa isian.
ADVERTISEMENT
4. Cheong fun
Loading Instagram...
Cheong fun juga termasuk ke dalam golongan dim sum berupa lembaran kenyal yang terbuat dari tepung beras yang digulung dengan berbagai isian di dalamnya. Bertekstur kenyal seperti kwetiau, cheong fun memiliki cita rasa asin dan gurih yang dominan.
Beberapa jenis cheong fun yang populer adalah har cheung atau cheong fun isi udang, ngau cheung yang berisi daging sapi cincang, dan dja leung yaitu cheong fun dengan isian cakwe.
5. Dim sum manis
Loading Instagram...
Yang terakhir adalah golongan dim sum manis yang didominasi oleh kudapan bercita rasa manis. Aneka kudapan manis ini disantap untuk menetralisir rasa gurih aneka sajian dim sum.
Mango pudding, dow fu fah atau puding tofu, egg tart, dan djeen dui atau kue yang menyerupai onde-onde menjadi beberapa kudapan penutup yang sering disajikan setelah menyantap aneka dim sum gurih.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·