kumparan
4 Jul 2019 9:16 WIB

5 Makanan yang Bisa Menyebabkan Keracunan

Tepung Foto: Thinkstock
Siapa yang tak suka makan? Makanan telah menjadi kebutuhan pokok manusia agar bisa bertahan hidup. Meski bisa menyehatkan, ternyata makanan juga bisa jadi perantara penyebaran penyakit.
ADVERTISEMENT
Beberapa masalah yang umumnya terjadi akibat makanan adalah keracunan. Keracunan terjadi akibat makanan yang dikonsumsi terkontaminasi bakteri, virus, parasit, hingga zat kimia berbahaya.
Pada kasus ringan, kondisi ini bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan; seperti diare, sakit perut, muntah, hingga mual. Namun, pada kasus parah keracunan bisa menyebabkan; gagal ginjal, masalah pada saraf dan otak, hingga berakhir dengan kematian.
Nah, agar hal buruk itu tidak terjadi pastikan untuk selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi, ya! Berikut kumparan rangkum lima makanan yang bisa menyebabkan keracunan.
1. Telur
Mengupas telur Foto: Shutterstock
Selain daging ayam dan sapi, sumber protein yang satu ini juga sering dikonsumsi karena ekonomis dan mudah ditemui di pasaran. Sayangnya, telur mudah terpapar bakteri Salmonella yang bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan.
ADVERTISEMENT
Bakteri Salmonella biasanya terdapat pada bagian luar kulit atau bagian dalam telur. Menurut sebuah studi, telur yang diolah setengah matang lebih berisiko mengalami infeksi bakteri Salmonella. Karena itu, pastikan untuk memasak telur hingga matang bila hendak memakannya, ya!
2. Daging mentah
Ilustrasi Daging Ayam Foto: Shutterstock/Bitt24
Selanjutnya ada daging mentah. Sama seperti telur, jika kamu mengkonsumsi daging sapi, ayam, atau unggas lainnya dalam kondisi mentah bisa membuat keracunan. Hal ini dikarenakan, daging tersebut mengandung beberapa bakteri; seperti Salmonella, E. coli, dan yersinia yang menjadi penyebab keracuan.
Nah, satu-satunya cara untuk mencegah hal itu terjadi adalah dengan memasaknya hingga matang. Selain itu, simpan daging di tempat yang bersih dan udara dingin, seperti kulkas untuk mencegah pertumbuhan bakteri.
ADVERTISEMENT
3. Seafood mentah
ilustrasi kerang Foto: Shutterstock
Selain daging, olahan laut; seperti udang, kepiting, kerang, hingga tiram juga rentan terkontaminasi bakteri jika diolah dengan cara yang tidak tepat.
Apalagi jenis olahan laut seperti kerang (yang sudah terkontaminasi bakteri) tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Karena itulah, pastikan untuk membeli olahan laut ini dalam kondisi segar dan juga mencucinya hingga bersih. Terakhir, pastikan juga untuk menyantapnya dalam kondisi matang, ya!
4. Susu mentah
Ilustrasi segelas susu Foto: Pixabay
Susu mentah juga masuk dalam daftar makanan yang bisa menyebabkan keracunan. Hal ini dikarenakan, kandungan beberapa bakteri; seperti Listeria campylobacter, E. coli, dan salmonella bisa menimbulkan keracunan.
Menurut beberapa studi, bakteri dari susu mentah ini bisa menyebabkan proses kedaluwarsa menjadi cepat. Apalagi jika dibiarkan di udara terbuka.
ADVERTISEMENT
Jangan khawatir, meski rentan menyebabkan keracunan kamu masih bisa menikmati minuman menyehatkan ini asal disimpan dengan benar. Selain itu, pastikan mengkonsumsi susu yang sudah diproses; seperti pasteurisasi atau Ultra High Temperature (UHT).
5. Tepung mentah
Tepung Foto: Thinkstock
Siapa sangka, tepung mentah yang terkontaminasi bakteri bisa menyebabkan keracunan, meski kasusnya tak banyak. Untuk mencegah hal buruk itu terjadi, pastikan kamu tidak mencicipi atau mengkonsumsi makanan yang mengandung tepung mentah. Selain itu, pastikan juga untuk menyimpan bahan makanan ini di tempat yang bersih.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·