Pencarian populer
11 November 2018 19:46 WIB
..
..

5 Makanan yang Harus Dihindari agar Perut Tidak Kembung

com-Olahraga pagi (Foto: Thinkstock)

Memiliki perut rata atau ideal menjadi dambaan semua orang. Sayangnya, untuk mendapatkan perut yang rata ada saja halangannya. Terlebih ketika perut sedang tidak enak yang disebabkan oleh kembung akibat banyaknya gas. Saat kondisi seperti ini, perut tampak lebih besar alias buncit yang terkadang membuat kita jadi kurang percaya diri.

Melansir Insider, ada beberapa makanan yang justru tidak bisa dicerna oleh tubuh dan menyebabkan perut kembung atau buncit. Ingin tahu makanan apa saja yang harus dihindari jika ingin memiliki perut rata? Simak informasinya berikut ini.

1. Susu

Ilustrasi susu full cream (Foto: Dok. Thinkstock)

Produk susu seperti keju ternyata bisa menyebabkan masalah pencernaan, terutama jika kamu alergi atau sensitif terhadap laktosa. Laksota sendiri merupakan gula alami yang bisa ditemukan dalam produk susu. Nah, bagi mereka yang alergi atau sensitif terhadap laktosa, biasanya mereka tidak memiliki enzim yang diperlukan untuk memecah gula tersebut.

Untungnya, di luar sana ada beragam produk minuman yang bisa dijadikan alternatif pengganti susu sapi, seperti susu kedelai, susu gandum, hingga susu almond.

2. Biji-bijian

Roti gandum hitam (Foto: thinkstock)

Banyak dari kita menganggap bahwa perut buncit atau kembung disebabkan oleh gluten. Padahal menurut ahli gastroenterologi, hal itu disebabkan oleh fruktan atau sejenis karbohidrat yang sulit dicerna oleh beberapa orang. Ketika karbohidrat tersebut tidak dapat diserap tubuh, maka bakteri usus akan memfermentasi dan menyebabkan perut kembung atau bergas.

Makanan-makanan yang mengandung fruktan tersebut diantaranya gandum, gandum hitam, almond, mete, hingga kedelai.

3. Semangka

Konsumsi buah semangka (Foto: Thinkstock)

Banyak dari kita mungkin tak menyangka jika buah berwarna merah ini bisa menyebabkan perut kembung. Ya, meskipun 1 buah semangka mengandung 91 air, tetapi buah ini juga mengandung banyak fruktosa. Fruktosa atau gula alami yang terdapat pada buah-buahan, ternyata tidak dapat diserap dengan baik oleh beberapa orang. Itulah sebabnya, mengapa buah semangka bisa menyebabkan perut kembung.

4. Popcorn

Membuat popcorn (Foto: Thinkstock)

Sebenarnya tidak ada kandungan spesifik pada camilan ini yang bisa menyebabkan perut kembung. Hanya saja, jika kamu mengkonsumsi popcorn terlalu banyak bisa menyebabkan perut kamu mengembang atau membuncit dari biasanya.

5. Bawang bombay

Kulit bawang bombay tinggi akan antioksidan (Foto: Thinkstock)

Sama seperti biji-bijian yang lain, bawang bombay juga mengandung fruktan atau sejenis karbohidrat yang sulit dicerna oleh tubuh. Tak hanya itu, fruktan juga bisa membuat kandungan air mengendap di dalam usus, yang pada akhirnya menyebabkan perut kembung.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: