kumparan
26 Des 2017 17:59 WIB

5 Manfaat Kesehatan di Balik Cerahnya Buah Lemon

Lemon bisa mencegah morning sickness (Foto: Pexels)
Lemon, buah berwarna kuning cerah ini memang dikenal sebagai salah satu buah ajaib. Selain memberikan rasa khas pada sebuah masakan, buah lemon rupanya juga memiliki manfaat kesehatan yang dipercaya ampuh untuk mengobati beberapa penyakit.
ADVERTISEMENT
Dilansir Times of India, setiap bagian dari buah ini baik untuk tubuh manusia, mulai dari daging buah hingga kulit lemon bisa dimanfaatkan sebagai obat alami. Mengandung sebanyak 50 persen vitamin C, khasiat buah lemon tak perlu diragukan lagi. Tinggi antioksidan, inilah sederet manfaat buah lemon yang perlu kamu ketahui:
1. Membantu Pencernaan
Air Lemon (Foto: Thinkstock)
Mengkonsumsi segelas perasan air lemon setiap harinya dapat meningkatkan kesehatan sistem metabolisme tubuh. Selain itu, air lemon juga dapat mengurangi rasa kembung di perut. Ajaibnya, air lemon bisa meningkatkan suasana hati sehingga, menenggak segelas air lemon di pagi hari merupakan awal yang tepat untuk memulai hari.
2. Meningkatkan Kesehatan Hati
Air Lemon (Foto: Pexels)
Lemon mengandung senyawa kimia yang disebut 'naringenin'. Senyawa ini dianggap efektif untuk mengurangi peradangan hati. Buah bercitarasa kecut ini rupanya juga dikemas dengan eriocitrin, sebuah senyawa flavonoid yang berkhasiat melindungi hati terhadap stres oksidatif.
ADVERTISEMENT
3. Mengobati Jerawat
Hormon androgen yang meningkat sebabkan jerawat (Foto: Thinkstock)
Menurut para ahli kulit, buah lemon adalah obat alami yang paling efektif untuk menangani masalah jerawat karena memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Asam sitrat yang juga terkandung di dalamnya juga dapat membantu meringankan bintik hitam dan noda pada wajah bekas jerawat.
4. Menyegarkan Nafas
Ilustrasi bau mulut (Foto: Thinkstock)
Bagi kamu yang memiliki masalah bau mulut, cobalah untuk mulai mengkonsumsi buah lemon secara rutin. Berdasarkan sebuah penelitian, lemon bisa membantu menetralisir bau nafas yang tak sedap. Tak hanya itu saja, lemon juga dapat membunuh bamteri berbahaya pada rongga mulut, sehingga nafas segar akan kamu dapatkan secara alami.
5. Mencegah Kanker
Lemon bagus untuk kulit yang berminyak. (Foto: Thinkstock)
Karena mengandung banyak antioksidan serta berbagai vitamin, yaitu vitamin C, vitamin A, dan vitamin E, lemon merupakan salah satu buah yang paling bagus untuk membantu melindungi tubuh dari penyakit kanker. Kamu bisa memanfaatkan perasan air lemon untuk diolah menjadi hidangan seperti salad, ayam panggang atau bahkan roti panggang.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·