Pencarian populer

5 Manfaat Kesehatan Meminum Air Rebusan Daun Sirih

Ilustrasi Daun Sirih Foto: Pixabay/Huahom

Daun sirih merupakan salah satu tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Daun yang memiliki bentuk hati ini ternyata kaya akan kandungan saponin, tannin, hingga eugenol yang baik untuk kesehatan tubuh.

Makanya tak heran jika daun sirih sering dimanfaatkan untuk obat-obatan; mulai dari obat penurun demam, hingga obat sakit tenggorokan.

Selain kedua manfaat tersebut, ternyata daun sirih juga memiliki segudang manfaat lain yang baik untuk kesehatan. Apa saja? Berikut kumparan rangkum seperti dikutip dari jurnal South Asian Journal of Cancer.

1. Meringankan sembelit

Ilustrasi sembelit Foto: Muhammad Faisal/kumparan

Daun sirih ternyata mengandung antioksidan yang bisa membersihkan tubuh dari radikal bebas. Tak hanya itu, daun sirih juga bisa mengembalikan tingkat pH normal pada perut yang bermasalah sehingga konstipasi atau sembelit pun hilang.

Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, kamu hanya perlu mengunyah daun sirih setiap hari. Atau kamu juga bisa menumbuk daun sirih dengan air dan menyimpannya selama semalaman. Minumlah air tersebut pada kondisi perut kosong.

2. Menjaga saluran pencernaan

Usus besar dan saluran pencernaan manusia. Foto: Elionas2 via pixabay

Daun sirih kabarnya bisa melindungi kesehatan saluran cerna, karena bisa membantu meningkatkan produksi lendir. Nah, produksi lendir tersebut akan mencegah luka pada dinding usus dan lambung yang bisa terjadi karena berbagai hal.

Tak hanya itu, daun sirih juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme saluran cerna agar proses pembuangan materi limbah bekerja lebih baik.

3. Menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2

Gula dan alat pengukur kadar gula. Foto: pixabay.com

Menurut beberapa ahli, meminum air rebusan daun sirih atau daun sirih yang dikeringkan bisa membantu kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2.

Lebih lanjut, manfaat tersebut datang dari kandungan antioksidannya yang tinggi dan bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin.

Meski begitu, bukan berarti daun sirih adalah satu-satunya pengobatan diabetes yang harus dijalani. Kamu harus tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum rebusan daun sirih tersebut.

4. Meningkatkan nafsu makan

Ilustrasi tidak nafsu makan Foto: Shutter Stock

Menurunnya tingkat nafsu makan merupakan salah satu tanda dari gangguan perut. Kabarnya, daun sirih bisa mengembalikan tingkat pH normal pada lambung dengan membuang semua racun.

Hasilnya, nafsu makan pun akan meningkat dan tentunya pada kesehatan.

5. Penangkal kanker

Ilustrasi anak yang menderita kanker Foto: Shutterstock

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, daun sirih mengandung antioksidan eugenol yang bisa membantu memerangi radikal bebas pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ambil 10 hingga 12 lembar daun sirih dan rebus bersama air selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, pisahkan airnya dan tambahan sedikit madu. Konsumsi ramuan tersebut setiap hari.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23