kumparan
14 Sep 2019 9:03 WIB

5 Menu Sarapan yang Ternyata Bikin Cepat Lapar

Ilustrasi menu sarapan. Foto: Thinkstock
Sarapan atau makan pagi sangat penting dilakukan sebelum memulai hari. Tak cuma memberikan asupan energi untuk beraktivitas, sarapan juga bisa membantu meningkatkan fokus pikiran.
ADVERTISEMENT
Namun terkadang, kesibukan dan padatnya kegiatan, membuat kita cenderung asal menyantap apapun. Niatnya sih, supaya perut kenyang, tapi siapa sangka, justru menu sarapan yang kita santap malah membuat kita makin lapar.
Jam makan siang belum tiba, perut sudah keroncongan minta diisi. Supaya tak cepat lapar, berikut lima makanan yang sebaiknya tak kamu santap ketika sarapan:
1. Sereal
sereal Foto: Shutterstock
Meski yang kita santap adalah versi lebih sehat, tapi menyantap sereal tak akan membuatmu merasa kenyang dalam waktu lama. Pasalnya, sereal mengandung sedikit air.
Menurut Dawn Jackson Blatner, ahli nutrisi tersertifikasi dan penulis buku The Superfood Swap Diet, kita akan tetap mendapatkan serat dan vitamin yang terkandung di dalamnya.
"Beberapa studi menunjukkan, ketika air dimasukkan ke dalam makanan, ia akan membuat perut terasa lebih penuh ketimbang makanan berkadar air rendah," terangnya seperti dikutip dari redbook.
ADVERTISEMENT
Sebaiknya, pilihlah makanan yang berkadar air tinggi, seperti oatmeal atau overnight oats --yang sudah direndam air atau susu almond semalaman.
2. Pastry
Pastry Foto: Pexels
Pastry seperti croissant, danish, atau cinnamon bun mungkin terlihat sebagai menu sarapan yang praktis dan mengenyangkan; namun ternyata rasa kenyang itu hanya berlangsung sesaat. Selain kadar nutrisinya yang minim, pastry ini juga mengandung banyak lemak dan tepung terigu.
Hal tersebut akan memberikan lebih banyak kalori pada tubuh, namun tak diiringi dengan kepuasan makan yang maksimal. Sehingga, kita akan cepat lapar usai menyantapnya.
Bila ingin menu sarapan yang simpel dan mengenyangkan, paduan poached egg dengan roti gandum panggang bisa jadi pilihan.
3. Granola bar
granola bar Foto: Shutterstock
Bagi orang yang sedang diet dan penuh kesibukan, biasanya granola bar jadi pilihan utama untuk sarapan. Namun, tahukah kamu, rasa manis dari granola bar justru akan membuatmu makin lapar?
ADVERTISEMENT
Alih-alih membuat kenyang, tubuh kita justru akan membakar gula dalam waktu yang lebih cepat. Setelahnya, kita memang akan mendapatkan energi, namun tubuh memerlukan lebih banyak asupan nutrisi untuk mempertahankannya.
Inilah kenapa kita akan merasa kenyang usai melahap granola bar, namun setelah 90 menit, efek yang muncul justru berkebalikan --membuat perut makin keroncongan.
4. Yoghurt rendah lemak
Yoghurt dan berry Foto: Shutterstock
Menu makanan yang satu ini terdengar sehat dan menjadi pilihan sarapan yang tepat; kaya akan protein, kalsium serta probiotik. Namun, sebanyak apapun suapan yoghurt rendah lemak tak akan membuat kenyang dan puas, seperti saat kita mengunyah makanan yang lebih bertekstur.
Tambahkan beberapa potongan kacang walnut sebagai campuran, sebagaimana studi menunjukkan bahwa mengunyah sesuatu dapat meningkatkan rasa kenyang.
ADVERTISEMENT
5. Roti tawar putih
Ilustrasi Roti Lapis Gula dan Mentega Foto: Shutterstock/Rassamee Cafe
Setangkup roti tawar kerap jadi menu sarapanmu? Tanpa disadari, menu tersebut justru akan membuatmu makin cepat lapar. Soalnya, roti tawar putih tak mengandung serat atau nutrisi seperti gandum utuh yang bisa membuatmu merasa kenyang.
Gantilah roti tawar putih dengan roti gandum utuh. Pilih mana yang paling kamu suka; gandum utuh, gandum hitam, atau multi-gandum sebagai menu sarapan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·