Pencarian populer

5 Menu Unik yang Pernah Dibuat Chef Harada

Chef Harada. (Foto: Instagram/@chef_harada)

Chef Harada telah berpulang ke Yang Maha Kuasa pada Senin (19/3) pukul 02.15 dini hari tadi. Sepeninggal chef bernama asli Hiromitsu Harada ini, banyak kenangan yang tak dapat dilupakan bagi keluarga maupun penggemarnya.

Salah satunya tentu saja resep-resep unik yang menjadi ciri khas pria kelahiran Jepang ini. Mengkombinasikan bahan-bahan lokal Indonesia yang diolah dengan gaya ala Jepang, berbagai sajian seperti sushi, udon, hingga nasi goreng sering ditampilkan dalam acara masak chef Harada yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta beberapa tahun lalu.

Berikut resep-resep unik yang pernah diciptakan oleh chef Harada semasa hidupnya. Apa saja?

1. Shireng

Street Sushi (Foto: Instagram @streetsushi.id)

Menyadari banyak orang Indonesia yang menyukai sajian berjenis gorengan, chef Harada pun mengolah sushi menjadi sajian yang lebih ramah di lidah masyarakat Indonesia. Adalah shireng atau sushi cumi-cumi goreng buatan chef Harada. Bukan diolah dengan bahan-bahan segar atau mentah, shireng menggunakan bahan-bahan matang seperti cumi-cumi yang digoreng dengan tepung hingga renyah.

2. Osakana picanta

Fish n Chips (Foto: thinkstock)

Osakana picanta sejatinya adalah sajian berupa ikan dori goreng tepung yang disajikan bersama salad. Bukan salad biasa, melainkan salad kentang dan telur yang creamy dan mengenyangkan.

Ikan dori yang telah digoreng disajikan bersama campuran salad yang terdiri dari kentang rebus, telur rebus, dan crabstick. Siraman saus yang tebuat dari pasta tomat dan mayonnaise membuat sajian semakin creamy.

3. Ebi tempura udon

Yaki Udon (Foto: http://daegufood.go.kr)

Disajikan bersama udang atau ebi tempura yang super renyah, sajian ebi tempura udon ala chef Harada sangat cocok di lidah orang Indonesia yang gemar akan goreng-gorengan. Ebi tempura udon terbuat dari mi udon dengan topping jamur shimeji, shittake, dan wakame yang disiram kuah kaldu khas Jepang. Udon yang hangat dan gurih berpadu dengan ranyahnya ebi tempura membuat sajian udon ala chef Harada ini cocok disajikan saat cuaca dingin tiba.

4. Nasi goreng telur dinosaurus

Menu nasi goreng. (Foto: Amanaturrosyidah/kumparan)

Nasi goreng merupakan salah satu hidangan populer di Indonesia. Namun, di tangan chef Harada, nasi goreng biasa disulap menjadi hidangan yang lebih unik dan spesial.

Diberi nama nasi goreng telur dinosaurus, nasi goreng buatan chef Harada dikreasikan menyerupai telur berukuran jumbo dengan isian telur rebus utuh di dalamnya. Lalu, bulatan nasi digoreng ke dalam minyak panas hingga kecoklatan lalu disajikan dengan saus tomat dan mayonnaise sebagai cocolan.

5. Pizza ala Jepang

Ilustrasi Pizza (Foto: Pixabay)

Tak hanya mengolah bahan-bahan lokal menjadi sajian khas Negeri Sakura, chef Harada juga sering menciptakan kudapan ala western dengan sentuhan cita rasa Jepang. Salah satunya adalah pizza ala Jepang.

Pizza ala Jepang ciptaan chef Harada terbuat dari campuran daging ayam tanpa tulang, sosis, kol, crabstick, dan daun bawang yang dicampur dengan adonan tepung. Disajikan dengan tambahan saus tomat dan mayonnaise, pizza ala Jepang terlihat menyerupai okonomiyaki dengan bahan-bahan yang lebih modern.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.38