kumparan
26 Jul 2018 9:57 WIB

5 Tips Makanan Sederhana Bikin Omelet Lebih Sehat

Ilustrasi omelete (Foto: Dok. Thinkstock)
Kaya akan nutrisi dan mudah diolah membuat telur menjadi salah satu jenis makanan yang selalu dihidangkan saat sarapan. Tak memerlukan bumbu dan cara penyajian yang rumit, telur bisa dimasak menjadi aneka jenis makanan nikmat pengusir lapar. Nah, salah satu menu populer yang terbuat dari produk unggas tersebut adalah omelete.
ADVERTISEMENT
Ya, meski dikemas dengan kandungan gizi yang cukup tinggi, omelete rupanya juga bisa dimodifikasi menjadi hidangan yang lebih menyehatkan. Bagaimana caranya? Dilansir Food Ndtv, berikut tips mengolah omelete agar lebih sehat:
1. Tambahkan sayuran
Ilustrasi bayam (Foto: Thinkstock)
Agar sajian omelet yang dihidangkan lebih sehat, tambahkan beberapa potong sayuran seperti wortel, brokoli dan bayam ke dalam adonan telur. Tak hanya lebih sehat, membubuhkan sedikit sayuran ke dalam omelet juga akan memperkaya tekstur dan rasa sajian itu sendiri.
2. Beri potongan jamur
Ilustrasi Jamur (Foto: Pixabay)
Agar asupan protein harian tubuh terpenuhi, tambahkan irisan jamur ke dalam adonan omeletmu. Nah, untuk jenis jamurnya, kamu bisa pilih yang sesuai selera. Mulai dari jamur kancing, jamur enoki, jamur kuping atau jenis jamur lainnya. Jamur juga dapat menambah cita rasa gurih pada omelet buatanmu sehingga semakin menggugah selera.
ADVERTISEMENT
3. Masak dengan minyak zaitun
Minyak zaitun (Foto: Thinkstock)
Kamu juga bisa mengganti minyak kelapa sawit dengan minyak zaitun. Tak hanya menyehatkan, menggunakan minyak zaitun untuk memasak omelet juga akan meningkatkan aroma hidangan yang dibuat. Namun, bila kamu tidak memiliki minyak tersebut, kamu bisa memakai butter atau mentega rendah lemak.
4. Taburkan parutan keju
Ilustrasi keju cheddar (Foto: Thinstock)
Bila ingin membuat hidangan omelet yang berbeda, taburkan sedikit parutan keju ke permukaan telur. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan jenis keju yang cepat leleh seperti keju chedar atau mozzarella. Nah, karena rasa keju sendiri sudah gurih, jangan terlalu banyak menambahkan garam ke dalam adonan ya.
5. Gunakan sedikit rempah-rempah
Rempah-rempah. (Foto: Pixabay)
Membumbui omelet dengan rempah-rempah tertentu rupanya juga dapat meningkatkan rasa dan nutrisinya. Oleh sebab itu sebelum menggoreng omelet, tambahkan sejumput kecil lada, bubuk paprika, dan jinten, lalu masak hingga matang. Dijamin omelet buatanmu jadi makanan yang istimewa.
ADVERTISEMENT
Semoga bermanfaat!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan