kumparan
5 Sep 2018 16:38 WIB

5 Tips Memasak Udon Agar Lembut dan Kenyal

Udon (Foto: Flickr/Oran Tantapakul)
Udon merupakan salah satu jenis mi yang sangat terkenal di Jepang, bahkan kepopulerannya tak kalah dari ramen. Selain lezat, udon seringkali disantap sebagai pengganti nasi karena harganya terjangkau oleh semua kalangan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya disukai oleh orang asli Jepang saja, tekstur kenyal dan sensasi licin yang terasa saat menyantap udon ternyata cukup populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Restoran Jepang yang menyediakan menu udon pun mulai banyak dijumpai di berbagai kota besar Indonesia.
Selain tersedia di berbagai restoran khas Jepang, ada juga udon instan yang dikemas dalam keadaan kering. Hanya dimasak dengan cara direbus air panas hingga matang, udon instan dinilai lebih praktis dan mudah dibuat.
Meski terlihat mudah, nyatanya memasak udon juga butuh teknik khusus, lho, agar hasilnya lebih lezat dan tidak lembek saat disantap. Jadi bagi kamu yang berencana memasak mi ini sendiri di rumah, berikut kumparanFOOD rangkum lima tips agar udon buatanmu lebih lezat saat disajikan.
ADVERTISEMENT
1. Menambahkan sedikit garam pada air rebusan
Merebus udon (Foto: Flickr/Kei Shuji)
Seperti jenis mi lainnya, udon memiliki cita rasa yang cenderung hambar dan tawar saat disantap. Selain itu, ukurannya yang lebih tebal membuat bumbu tak mudah meresap ke bagian dalam mi kenyal khas Jepang tersebut.
Untuk menyiasatinya, kamu bisa membubuhkan sedikit garam ke dalam air untuk merebus udon. Garam akan meningkatkan cita rasa gurih pada udon sehingga rasanya pun lebih menggugah selera.
2. Waktu tepat merebus udon
Ontama Bukkake di Hanamaru Udon (Foto: Kartika Pamujiningtyas)
Karena bentuknya yang lebih besar dan tebal dibandingkan jenis mi lainnya, udon membutuhkan waktu perebusan yang lebih lama. Untuk merebus satu porsi udon, biasanya dibutuhkan setidaknya 8-10 menit menggunakan api sedang. Waktu perebusan yang terlalu singkat akan membuat tekstur udon alot sehingga susah untuk disantap sedangkan, merebus udon terlalu lama akan menghasilkan udon yang lembek karena terlalu matang.
ADVERTISEMENT
3. Menambahkan air dingin ke dalam rebusan udon
Merebus udon (Foto: Flickr/Kei Shuji)
Saat air rebusan udon mulai mendidih dan bergelembung, tambahkan secangkir air dingin agar suhunya menurun. Dilansir kitchn, teknik tersebut akan membuat udon menyerap lebih banyak air tanpa menyebabkan tekstur udon menjadi lembek dan mengembang. Selain itu, menambahkan air dingin saat merebus udon akan memperlambat proses pematangan sehingga udon tetap kenyal dan lentur meski dimasak dalam waktu cukup lama.
4. Merendam udon di dalam air dingin
Udon (Foto: Flickr/Brian MacDuckston)
Tak hanya saat merebusnya, setelah udon matang, sebaiknya rendam udon selama setengah hingga satu menit di dalam air es. Perendaman ini berfungsi untuk menghentikan proses pematangan udon sehingga mi tidak terlalu mengembang. Tak hanya itu saja, merendam udon di dalam air es dipercaya dapat mempertahankan tekstur kenyal dan lenturnya saat disantap.
ADVERTISEMENT
5. Menumis udon dengan aneka sayuran
Yaki Udon (Foto: http://daegufood.go.kr)
Di berbagai restoran khas Jepang, kebanyakan udon disajikan dengan tambahan kuah dashi atau kaldu ikan yang gurih. Selain direbus, ternyata udon juga bisa diolah dengan cara ditumis dengan aneka bumbu dan sayuran, lho.
Kamu bisa mengolah udon layaknya mi goreng dengan kecap asin dan potongan sayur seperti wortel, pokcoy, brokoli, hingga potongan daging ayam atau sapi. Selain cita rasanya akan meningkat, olahan mi ini juga lebih sarat gizi yang berasal dari tambahan sayur dan daging.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan