Pencarian populer

5 Tips Memilih Kepiting Segar dan Padat untuk Diolah di Rumah

Kepiting (Foto: Thinkstock)

Kepiting merupakan salah satu olahan yang paling banyak digemari di warung seafood. Rasanya yang khas dengan daging yang padat jadi incaran para penikmat kuliner. Namun, memilih kepiting yang segar dengan daging yang padat untuk diolah di rumah bukanlah hal yang mudah.

Jika kamu memilih kepiting berdasarkan ukuran, itu bukanlah cara yang terbaik. Yuk, simak lima tips memilih kepiting yang segar dan padat yang telah kumparanFOOD rangkum berikut ini:

1. Periksa matanya

Migrasi Kepiting Merah (Foto: Thinkstock)

Olahan kepiting yang lezat tentu berasal dari kepiting yang segar. Ketika hendak mengolah kepiting, carilah kepiting yang memiliki kedua mata yang utuh dan masih bergerak.

"Kenapa? soalnya mata bagi mud crab (kepiting lokal) ibaratnya adalah nadi bagi manusia. Biasanya, mata kepiting itu rusak karena gigitan nyamuk atau terbentur benda. Nah, kalau kalian menemukan kepiting yang seperti itu jangan mau!" ungkap Corporate Chef, Iwan Sulaiman, saat peluncuran menu terbaru The Holy Crab, Rabu (12/90).

2. Tarikan kaki

Cuci Kepiting (Foto: Pixabay)

Selain memiliki mata yang bagus, kepiting yang segar juga bisa dilihat dari pergerakannya.

"Kalau dia masih ngelawan, berarti staminanya masih bagus. Jadi bisa dibilang isi dagingnya juga masih oke," lanjut Chef yang akrab dipanggil Iwan.

3. Siku

Tusuk Kepiting (Foto: Pixabay)

Tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa kepiting itu segar bisa dilihat dari sikunya yang lembut.

"Jadi, kalau ditekan sikunya itu akan mengembung kembali. Kalau mengembung kembali, kita bisa menentukan apakah bagian dalamnya padat atau tidak," kata Chef Iwan.

4. Badan

Daging kepiting (Foto: Thinkstock)

Selanjutnya adalah perhatikan bagian perut atau badan kepiting. Sebelum itu, kamu harus mengenali jenis kelamin dari kepiting tersebut apakah dia jantan atau betina. Ketika bagian perut menunjukkan alur membentuk segitiga dan runcing, maka kepiting tersebut jantan. Ketika cenderung membulat, maka kepiting tersebut adalah betina.

"Setelah itu tekan bagian perut sampai kencang. Kalau padat berarti isinya banyak, sedangkan jika perutnya kopong berarti sudah rusak," tutup Chef Iwan.

5. Warna

Kepiting (Foto: Dok. Pribadi)

Saat memilih kepiting, abaikan kecenderungan memilih kepiting yang terang dan mengkilap. Sebaliknya, pilihlah kepiting dengan cangkang yang lebih kusam dan bergores. Soalnya, cangkang kusam dan bergores tersebut menunjukkan kepiting siap ganti kulit dan memiliki daging yang padat.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22