Pencarian populer

5 Tips Mengolah Kepiting agar Tak Meninggalkan Bau Amis

Kepiting (Foto: Dok. Pribadi)

Olahan kepiting merupakan salah satu menu favorit yang digemari banyak orang. Bagaimana tidak, kepiting memiliki cita rasa manis dan gurih yang mampu menggoyang lidah.

Meski begitu, banyak orang yang rupanya enggan dalam memasak kepiting. Hal ini dikarenakan proses mengolahnya yang menyita waktu.

Dan juga, perlu ketelitian dalam membersihkan kepiting yang masih hidup. Karena, jika salah dalam membersihkannya, maka akan meninggalkan bau amis pada kepiting.

Tak perlu khawatir, kumparan (kumparan.com) akan memberikan tips mengolah kepiting dengan benar. Seperti apa? Yuk, simak penjelasannya!

1. Tusuk cangkang dengan pisau

Tusuk Kepiting (Foto: Pixabay)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan kepiting yang masih hidup. Pastikan kamu menggunakan pisau yang tajam untuk mempermudah prosesnya. Setelah itu, baliklah kepiting, lalu tusuk tepat di bagian tengahnya. Belah bagian perutnya, lalu lepaskan ikatan kepiting.

2. Buang lendir

Buang Lendir (Foto: Pixabay)

Bagian pantat kepiting mengandung banyak lendir yang dapat memengaruhi rasa dagingnya. Oleh sebab itu, pastikan untuk membuang bagian yang berlendir hingga bersih tak tersisa.

3. Cuci dengan air yang mengalir

Cuci Kepiting (Foto: Pixabay)

Merendam kepiting yang sudah dibelah dengan air hanya akan memicu munculnya bakteri. Sebaiknya, cuci kepiting dengan air mengalir dan jangan lupa sikat bagian cangkangnya untuk menghilangkan kotoran.

4. Pukul capit dan cangkang

Pukul Capit (Foto: Pixabay)

Sebelum mengolah kepiting menjadi beragam masakan, jangan lupa memukul capit dan cangkangnya terlebih dahulu. Cara ini akan memudahkan bumbu dan rempah meresap pada daging.

5. Rebus terlebih dahulu

Rebus Kepiting (Foto: Pixabay)

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah merebus kepiting. Setelah capit dan cangkang dipukul, rebus kepiting pada air mendidih selama kurang lebih 15-20 menit atau sampai cangkangnya berubah warna menjadi oranye. Agar bau amisnya hilang dengan maksimal, kamu bisa menambahkan rempah-rempah seperti daun salam dan serai saat proses merebus.

Semoga bermanfaat!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Rabu,22/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22